Mendagri: Rincian Laporan Penggunaan Dana Desa Cukup Satu Lembar

Mendagri Tjahjo Kumolo

Malang, Mercinews.com –  Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan kembali pernyataan Presiden Jokowi mengenai pentingnya laporan penggunaan dana desa dibuat sederhana, tidak ribet.

“Itu (permintaan laporan keuangan yang disederhanakan) sudah diterima oleh bapak presiden. Beliau langsung yang akan memanggil Mendagri, Mendes, Bappenas dan Menkeu,” kata Tjahjo, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (1/8).

Baca Juga:  11 Desa di Aceh Utara belum Dicairkan Dana Desa, Karena Belum Mengajukan APBG

Tjahjo mengatakan hal tersebut menjawab pertanyaan wartawan usai memberi arahan dalam acara sarasehan peningkatan kapasitas aparatur desa di Kota Malang.

Disampaikan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan Menteri Keuangan, Mendagri, Menteri Desa dan Bappenas agar segera mengkaji format laporan keuangan desa yang lebih sederhana.

Baca Juga:  79 Desa di Aceh Utara Belum Cairkan Dana Desa 2018

Tjahjo mengatakan, aturan tentang laporan keuangan desa yang lebih sederhana telah ada. Meski begitu, laporan keuangan desa yang disederhanakan tidak mengurangi akuntabilitas laporan pertanggungjawaban keuangan dana desa. Tetap harus ada bukti pengeluaran.

Baca Juga:  Jokowi Ingin Dana Desa Tahun 2019 Ditingkatkan Menjadi 85 Triliun

“Aturan sudah ada tapi yang memang banyak tadi kwitansi harus ada dong. Ini satu lembar detailnya, lampiran-lampirannya kwitasnsi. Rinciannya cukup 1 lembar, lampirannya kwitansi,” kata Tjahjo.

JPNN

 

  • 30
    Shares

Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved