Tanggul Pemecah Ombak Ambruk di Abdya, Dewan: Dibangun Tidak Sesuai Spesifikasi

Blangpidie, Mercinnews.com – Ambruknya tanggul pemecah obak (Breakwater) di kawasan pantai Jilbab, Gampong Kedai Susoh, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya), mendapat sorotan dari dewan setempat.

Dewan menilai, ambruknya proyek pembangunan dengan sumber dana APBA 2017 itu karena dibangun tidak sesuai spesifikasi oleh pihak rekanan.

“Kita menilai pembangunan tanggul ini tidak sesuai spesifikasi, sehingga ambruk. Padahal pembangunannya belum sampai satu tahun,” ujar Ketua DPRK Abdya Zaman Akli,

Baca Juga:  Akses jalan menuju kantor Kodim di Abdya terancam ambruk

Kata Akli, beberapa hari lalu Pansus DPRK Abdya melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan tanggul pemecah ombak yang ambruk. Di lokasi, pihaknya menemukan material pembangunan yang tidak sesuai seperti ukuran batu digunakan kecil dan bercampur tanah.

“Di bawah digunakan batu yang sangat kecil dan bercampur tanah, sehingga saat datang gelombang menjadi hancur akibat terkikis gelombang,” tambahnya.

Baca Juga:  Tak Punya Rumah, Janda di Abdya Numpang Tinggal di Teras Menasah Gampong

Ia menilai, pembangunan proyek tersebut tidak diawasi secara maksimal oleh konsultan pengawas dan dikerjakan asal-asalan oleh pihak rekanan.

Atas temuan ini, dewan meminta penegak hukum baik Kepolisian maupun Kejaksaan untuk mengusut proyek yang menghabiskan anggaran milliaran rupiah itu.

“Ini adalah temuan dan merugikan masyarakat dan negara. Kita meminta penegak hukum untuk mengusutnya,” pinta Akli.

Diketahui, akibat ambruknya tanggul pemecah ombak mengakibatkan abrasi di lokasi wisata Pantai Jilbab. Tidak hanya abrasi, gelombang tinggi juga merusak sejumlah warung pedagang serta beberapa fasilitas di lokasi wisata Pantai Jilbab.

Baca Juga:  Anggota DPRK Abdya: Haram Bagi Kami Kuasai Lahan Bekas HGU PT CA

Warga dan pedagang setempat, mendesak pemerintah melalui Dinas terkait untuk peduli dengan kondisi tersebut. Pasalnya, tanpa tanggul pemecah ombak tersebut dampak gelombang air laut langsung ke tempat usaha masyarakat yang berada di lokasi wisata.[]

  • 32
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved