Mercinews


Turki Apresiasi Keteguhan Indonesia Dalam Membela Palestina

turki apresiasi keteguhan indonesia dalam membela palestina IvW - Turki Apresiasi Keteguhan Indonesia Dalam Membela Palestina
Apresiasi itu disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu Singapura. Foto/Kemlu RI

Singapura, Mercinews.com – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menuturkan, Pemerintah Turki menyampaikan apresiasi atas konsistensi pemerintah Indonesia dalam membela. Apresiasi itu disampaikan saat terjadi pertemuan antara Retno dengan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu Singapura.

Retno menyatakan, dalam pertemuan itu dia dan Cavusoglu berbicara cukup panjang mengenai isu Palestina. Dalam pembicaraan itu, lanjut Retno, Cavusoglu menyebut Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang memiliki konsistensi dalam mendukung perjuangan Indonesia.

“Kita berbicara cukup panjang mengenai masalah Palestina. Turki sangat mengapresiasi peran Indonesia yang terus konsisten dalam membela kepentingan bangsa Palestina. Turki menyatakan tidak banyak negara memiliki konsistensi yang sama dengan Indonesia dalam hal membela kepentingan Palestina,” kata Retno pada Kamis (2/8).

Baca juga:  Belanda Puji Pemilu Indonesia, Sebut Pemilu Sehari Terbesar di Dunia

Diplomat senior Indonesia itu kemudian mengatakan, dalam pertemuan itu dia juga membahas mengenai bagaimana negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dapat meningkatkan bantuan mereka kepada Palestina melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina atau UNRWA.

Seperti diketahui, AS sempat menyebut negara-negara Arab dan Islam hanya banyak berbicara tentang pembelaannya terhadap Palestina, namun pelit dalam hal finansial. Washington menyatakan bahwa negara-negara Islam hanya memberikan sedikit atau bahkan tidak menyumbangkan dananya untuk UNRWA, yang selama ini membantu para pengungsi Palestina.

Baca juga:  Israel Gempur Jalur Gaza di Awal Bulan Ramadhan, DPR: Keji!

Tadi saya juga menyampaikan, hal yang paling mendesak antara lain adalah bagaimana kita bisa membantu UNRWA dalam membantu pengungsi Palestina,” ucapnya.

“Saya sendiri sudah bertemu dengan Komisioner Jenderal UNRWA di Bangkok dan nanti pada saat Menlu OKI bertemu di New York di sela-sela pertemuan Sidang Majelis Umum PBB, kita juga akan mencoba membahas bagaimana negara-negara OKI dapat memberikan kontribusi yang lebih untuk UNRWA,” ungkap Retno.

(SINDOnews)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.