Pemerintah Kabupaten Aceh Besar Canangkan Program 1 Desa 1 Juz

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali saat meninjau gedung pondok pesantren Al Fauzul Kabir di Kota Jantho.(Foto: acehbesarkab.go.id)

Jantho, Mercinews.com – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, bertekad membangun daerah tersebut dengan masyarakat berakhlakul karimah berdasarkan Al-Qur’an.

Untuk mewujudkan itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan mencanangkan program pendidikan Hifdhil Qur’an “1 Desa 1 Juz”.

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, saat meninjau gedung pondok pesantren Al Fauzul Kabir di Kota Jantho bersama Plt. Kadis Pendidikan Aceh Besar, Jumat (3/8/2018).

Baca Juga:  60 Mahasiswa Universitas Gadjah Mada KKN di Pulo Aceh

“Kita akan mencanangkan program pendidikan anak 1 desa 1 juz, nanti setelah kita rumuskan bersama MPD, Kemenag dan Keuchik,” kata Mawardi, saat bertemu dengan pengurus pesantren tadi siang.

Kata Mawardi, program pendidikan 1 desa 1 juz tersebut dilaksanakan untuk menciptakan generasi qur’ani di setiap desa. Selain itu, kata dia, juga untuk Untuk memajukan kembali Al Fauzul Kabir yang saat ini hanya tersisa kurang dari 200 santri.

Baca Juga:  Dialog Dakwah Ramadan: Ustad DR Fauzi Saleh Kupas Keutamaan Membaca Alquran

Pondok pesantren binaan pemerintah ini, pernah mengalami kemajuan serta telah banyak mencetak alumni. Pasang surutnya lembaga pendidikan modern tersebut, salah satunya karena kurangnya perhatian pemerintah daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Mawardi didampingi Fata Muhammad meninjau beberapa bekas asrama yang tidak layak lagi ditempati karena mengalami kerusakan di beberapa bagian.

Baca Juga:  PAN Khawatir Pemilik Alquran Bisa Dicurigai Jadi Teroris

Beberapa bangunan yang rusak seperti dua asrama plus kamar mandi dan bekas dapur umum sudah tidak layak pakai sehingga perlu direhabilitasi.

“Kita akan segera merehab bangunan agar bisa kita manfaatkan kembali untuk mendukung program pendidikan ” kata Mawardi Ali.

  • 111
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved