Plt Nova Minta Komitmen Perusahaan Terkait Tumpahan 7 Ribu Ton Batu Bara di Lampuuk

Banda Aceh, Mercinews.com – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta pihak perusahaan pengangkut bertanggungjawab untuk membersihkan tumpahan batu bara di pantai Lampuuk, Aceh Besar, Jumat (3/8/2018).

Nova juga meminta PT Lafarge Holcim untuk ikut mendukung kegiatan pembersihan tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh, Sahrial, menjawab Beritakini

Baca Juga:  Bantuan Hukum untuk Irwandi Masih Tunggu Konsultasi Mendagri

Saat rombongan menyambangi Lampuuk, Sahrial mengatakan pihak perusahaan sedang membersihkan area pantai dari tumpahan batu bara tersebut.

“Itu kan sebagian kecil yang terdampar, sebagian besarnya justru masih di dalam laut juga,” kata Sahrial.

Dia mengatakan pemerintah Aceh telah menurunkan tim dan telah membuat kesepakatan dengan pihak perusahaan. Selain itu, pemerintah Aceh juga meminta pihak perusahaan untuk memeriksa kualitas air dan lingkungan.

Baca Juga:  Kepala Kanwil BPN Aceh Audiensi dengan Plt Gubernur Aceh

“Termasuk juga mereka harus sudah punya komitmen untuk membersihkan batu baranya, termasuk lingkungannya. Itu komitmen perusahaan,” katanya.

Ada dua perusahaan yang diminta pertanggung jawaban dalam kasus ini. Pihak pertama yang dimintai pertanggungjawaban adalah Bahtera Bestari Shipping selaku perusahaan pengangkut batu bara asal Palembang.

Baca Juga:  Plt Gubernur Aceh Sampaikan Peluang dan Tantangan Bonus Demografi Indonesia

Dalam waktu dekat, kata Sahrial, tim penegakan hukum dari Kementerian Lingkungan Hidup RI juga akan turun ke lokasi untuk menindaklanjuti kasus ini.

“Mereka akan memetakan lokasi dimana materialnya, terus solusinya barangkali ada masukan juga dari mereka,” kata Sahrial.

Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved