Bacaleg DPRA Pemilu 2019 Capai 1325, Terdiri Bacaleg laki-laki 823 dan 502 Perempuan

ilustrasi Foto

Banda Aceh, Mercinews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh saat ini masih melakukan verifikasi terhadap berkas persyaratan pencalonan dari 1325 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) terdiri dari 823 Bacaleg laki-laki dan 502 perempuan yang diusulkan oleh 20 partai politik baik lokal maupun nasional.

“Jumlah tersebut berkurang dari yang didaftarkan dimasa pengajuan mencapai 1338 Bacaleg,” kata Divisi Teknis KIP Aceh, Munawar Syah, Jum’at (3/7).

Munawar menyampaikan, dari total tersebut juga terdapat partai yang tidak mengajukan Bacaleg pada seluruh Daerah Pemilihan (Dapil), seperti Partai Berkarya hanya mengajukan di tiga dapil dari sepuluh dapil , PKPI hanya mencalonkan bacalegnya di 7 dapil saja, Partai Daerah Aceh mengajukan di 8 Dapil.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2019, Partai Daerah Aceh Lakukan Konsolidasi

Kemudian, sejak tanggal 1 sampai 7 Agustus 2018, KIP Aceh masih memverifikasi kelengkapan dan keabsahan terhadap dokumen perbaikan syarat pencalonan dan syarat bakal calon.

“Dalam verifikasi hasil perbaikan ini ada 4 hal yang menjadi fokus verifikasi KIP, yakni memverifikasi formulir Model B Perbaikan, Model B1 perbaikan, dokumen perbaikan syarat calon dan melalukan verifikasi dokumen bakal calon pengganti,” tuturnya.

Baca Juga:  33 Bacaleg di Aceh Singkil Tak Lulus Uji Baca Alquran

Munawar menjelaskan, sejauh ini sebagian besar partai politik telah melakukan perbaikan dokumen pencalonan dan syarat calon, walaupun masih juga ditemukan sejumlah dokumen persyaratan bakal calon yang sebelumnya dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS) tidak diperbaiki pada masa perbaikan.

Setelah itu, hasil penelitian keabsahan dokumen perbaikan tersebut nantinya diberitahukan kepada partai politik pada 8 Agustus. Jika hasilnya ada Bacaleg yang TMS atau pencalonan disuatu dapil TMS, maka tidak dilanjutkan untuk dimasukkan dalam rancangan Daftar Calon Sementara yang rencananya diumumkan pada 12 sampai 14 Agustus, untuk selanjutnya menerima masukan dari masyarakat terhadap daftar calon sementara nanti.

Baca Juga:  Tak Hanya Eks Koruptor, KIP Aceh Juga 'Buru' Bukti-bukti Bacaleg Eks Bandar Narkoba

“Terkait Parlok, semuanya tidak menyampaikan pengajuan dan perbaikan bakal calon yang memenuhi kuota 120 persen, yakni Partai Aceh hanya mengusulkan di 10 dapil dengan jumlah 94 Bacaleg, PDA di 8 dapil dengan 72 Bacaleg, Partai SIRA mengajukan di 10 dapil dengan 72 Bacaleg dan PNA mengajukan untuk 10 dapil dengan total 91 bacaleg,” pungkas Munawar Syah.

  • 28
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved