Wali Nanggroe Anugerahi Gelar Seri Lilawangsa untuk Panglima TNI

Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar memberikan gelar adat kepada Panglima TNI

Jantho, Mercinews.com — Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar memberikan gelar adat kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Panglima TNI dianugerahi gelar Seri Lilawangsa.

Pemberian gelar adat ini digelar di Istana Wali Nanggroe, di Aceh Besar, Sabtu (4/8). Panglima TNI dan rombongan disambut dengan tarian penyambutan tamu yaitu Tari Ranup Lampuan. Setelah itu, Hadi dipeusijuek (tepung tawari) secara bergantian.

Panglima TNI Hadi yang mengenakan pakaian adat Aceh lengkap dengan kopiah meukutop, duduk di atas pelaminan. Setelah proses peusijuek berlangsung, Hadi selanjutnya diberi selempang dan penyematan simbol gelar adat.

Baca Juga:  Panglima TNI Bakal Terima Penghargaan dari Wali Nanggroe

Nama “Seri Lilawangsa” resmi melekat pada namanya.

“Penyematan gelar Seri Lilawangsa bagi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto karena telah berperan dalam menjaga perdamaian di Aceh sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Malik dalam sambutannya.

Menurutnya, TNI selama ini sudah banyak berperan dalam rangka mewujudkan perdamaian di Aceh. Gelar adat yang diberikan tersebut, merupakan untuk pertama kalinya diberikan bagi militer.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengatakan, gelar Seri Lilawangsa yang diberikan untuk Panglima TNI yaitu penghargaan tertinggi kepada pimpinan angkatan bersenjata atas perannya mempertahankan kedaulatan bangsa. Pemberian gelar adat tersebut diharapkan dapat semakin memperkuat semangat kebangsaan sehingga dapat terus bahu membahu memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

Baca Juga:  Wakil Ketua KPA, Koruptor Pue Urusan Dengan Wali Nanggroe?

“Dengan adanya pemberian gelar ini, maka doa dari masyarakat Aceh akan senantiasa menyertai Bapak Panglima dalam menjalankan tugas sehari-hari,” kata Nova dalam sambutannya.

Panglima TNI Hadi, mengatakan, gelar kehormatan yang diberikan warga Aceh ini bukan hanya kebanggaan untuk dirinya saja, tapi juga kebanggaan bagi prajurit di seluruh Indonesia. Menurutnya, implikasi dari pemberian gelar tersebut yaitu seluruh prajurit merasa memiliki tanggung jawab untuk memajukan wilayah dan mendukung pembangunan, mensejahterakan khususnya di Aceh semakin meningkat.

Baca Juga:  Wali Nanggroe Temui Panglima TNI di Cilangkap Jakarta

“Utamanya adalah menjaga perdamaian yang ada di Aceh dan tujuannya adalah mendukung pembangunan untuk kesejahteraan rayat di Aceh,” kata Hadi.

Dikutip dari situs resmi Korem 011 Lilawangsa Kodam Iskandar Muda, Lilawangsa punya arti seseorang yang berjiwa dan berkemauan keras. Untuk membela bangsa dan negara, Lilawangsa siap selalu untuk menghadapi bahaya dari manapun datangnya.

  • 100
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved