Gubernur TGB: Lombok Utara dan Timur Kawasan Terparah Dampak Gempa 7 SR

Bangunan terkena dampak gempa 7,SR

Jakarta, Mecinews.com – Kondisi Kabupaten Lombok Utara masih gelap gulita usai diguncang gempa 7 Skala Richter (SR). Kawasan ini menjadi yang terparah terkena dampak gempa.

“Lombok Utara dan Lombok Timur bagian utara (menjadi lokasi terparah dampak gempa),” kata Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) kepada detikcom, Minggu (5/8/2018).

Listrik padam di Lombok Utara. Pendataan korban jiwa belum bisa dipastikan. Hingga saat ini, pihak terkait masih mendata korban jiwa akibat gempa besar petang tadi itu.

Baca Juga:  Lombok Dilanda Gempa, MER-C Kirim Relawan

“Di tempat yang terdampak, di Lombok Utara, listrik juga terganggu, gelap, dan situasi memang tidak semudah siang hari. Tapi tim sudah terjun semua ke sana,” kata TGB

“Mudah-mudahan besok pagi sekali kita bisa dapat gambaran lebih utuh,” ujarnya.

Soal akses jalan yang terputus untuk menuju Lombok Utara, TGB menyatakan itu bukanlah jalur utama. Tim evakuasi dinyatakannya bisa mengakses Lombok Utara.

Baca Juga:  Jokowi: 200 MCK Portable Sedang Dalam Perjalanan ke Lombok Utara

“Sekarang masih bisa. Memang beberapa tempat namun bukan jalur utama mengalami gangguan, tapi secara umum bisa kita tembus,” kata TGB.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah NTB sudah turun untuk menangani situasi, bersama-sama dengan personel Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tim Badan SAR, tim dari TNI dan polisi, termasuk relawan yang sempat menangani situasi pascagempa 6,5 SR pada 29 Juli kemarin kini telah kembali bergerak.

“Saya menginstruksikan tenaga kesehatan, keperawatan, dan semua tenaga medis untuk stand by di tempat sarana kesehatan masing-masing untuk mengantisipasi masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan, selain juga tim tanggap darurat di provinsi dan di kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur di lokasi,” kata dia.

Baca Juga:  Pemerintah Abdya dan LSM Galang Dana Untuk Korban Gempa Lombok

Gempa itu mengguncang pukul 18.46.35 WIB tadi. Gempa berpusat di kedalaman 15 km, lokasi pusat gempa ada di darat pada jarak 18 km arah barat laut Kabupaten Lombok Timur.

(detikcom)

  • 93
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved