Turki Sediakan Beasiswa untuk Pelajar Indonesia, Aceh Mendapat Prioritas

Banda Aceh, Mercinews.com – Setiap tahun Pemerintah Turki menyediakan beasiswa untuk anak-anak Indonesia. Aceh mendapat jatah khusus sekitar 10-20 persen dari total proyeksi besiswa untuk pelajar Indonesia.

“Bagi anak-anak Indonesia, khsususnya generasi muda Aceh, yang ingin melanjutkan pendidikan secara gratis ke Turki sekarang lebih mudah. Cukup buka website, dan mengisinya secara online,” kata Ketua Ikatan Masyarakat Aceh di Turki, Darlis Azis, kepada aceHTrend, Senin (6/8/18) di Banda Aceh.

Ada dua lembaga negara di Turki yang menyediakan beasiswa untuk negara-negara sahabat, yaitu Turkiye Burslari (www.turkiyeburslari.gov.tr) dan TDV Ilahiyat Burs Ogrency Basvuru Sayvasi (http://burs.tdv.org).

Baca Juga:  Intelijen Turki Selidiki Laporan Upaya Pembunuhan Erdogan

Lebih lanjut Darlis mengatakan, beasiswa yang diberikan mencakup semua kebutuhan; tiket PP Indonesia-Turki dua kali, biaya SPP, asrama, makan di asrama, plus uang saku sekitar Rp 2,5 juta per bulan.

“Khusus beasiswa dari TDV Ilahiyat (sejenis badan urusan keagamaan) disedikan tiket pulang ke negara asal pelajar setiap lebaran Idul Fitri. Tapi uang saku bulanan sedikit lebih kecil dibanding beasiswa dari sumber satu lagi,” kata Darlis.

Darlis sendiri mendapat beasiswa dari Pemerintah Turki pada tahun 2015. Setelah mengisi borang di website, dia diundang untuk wawancara di Banda Aceh dan Medan.

Baca Juga:  Gubernur Lantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Aceh 2018

Darlis mengambil program S2 jurusan komunikasi budaya dengan durasi tiga tahun. Tahun pertama khusus belajar bahasa dan budaya Turki, dan tahun kedua mulai belajar program magister.

Dikatakannya, pada tahun 2015 dan 2016, dari proyeksi beasiswa untuk pemuda Indonesia sebanyak 55 orang, Aceh mendapat jatah 9 orang. Selanjutnya pada 2017 Aceh mendapat jatah 11 orang dari total 60 beasiswa untuk Indonesia. Mereka terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan S3.

Baca Juga:  Aceh Peduli Korban Bencana Palu dan Donggala

“Mungkin faktor historis Aceh dan Turki pada masa lampau sehingga Aceh menjadi prioritas dari provinsi lain di Indonesia. Saya pikir anak-anak muda Aceh harus memanfaatkan secara optimal peluang ini,” pesan Darlis.

Untuk mengampanyekan beasiswa Turki, Darlis dan kawan-kawan, akan menggelar expo peluang belajar di Turki pada 9 September 2018 di AAC Unsyiah.

“Kami berharap agar mahasiswa dan anak-anak kelas 3 SMA hadir pada acara expo itu,” harap Darlis. Dia bersedia dihubungi melalui nomor WA: +905522110945. []

acehtrend

  • 846
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved