MER-C Berangkatkan Tim Advance ke Bencana Gempa Lombok

Tim Mer-c di Bandara Soekarno-Hatta,Senin (6/8) dari Jakarta menuju Lombok

Jakarta, Mercinews.com – Lembaga kemanusiaan Kegawatdaruratan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) mengirim tiga dokter untuk bergabung dengan tim cabang Mataram untuk melanjutkan memberi bantuan medis kepada korban bencana gempa di Lombok.

Untuk tim yang berangkat kali ini diketuai oleh Dr. Arief Rachman. Tim dokter lainnya yaitu Dr. Kipa Jundapri, Dr. Akita Rukmana Akbar, Dr. Miftahul Masruri, dan Widi Kusnadi (dokumentasi dan pemberitaan). Mereka akan berangkat malam ini, Senin (6/8) dari Jakarta langsung menuju Lombok.

Tugas utama tim ini adalah melakukan pemetaan tentang daerah-daerah yang paling membutuhkan bantuan medis. Selanjutnya akan dikirim dokter bedah untuk bisa melakukan praktek di wilayah-wilayah yang sudah dipetakan. MER-C juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain, terutama dinas kesehatan setempat dalam melaksanakan bantuan tersebut.

Baca Juga:  MER-C dan BAZIS DKI Bahas Pembangunan RS Indonesia di Gaza Tahap Dua

Selain itu, tim pertama terdiri atas dr. Muhammad Nauval turun bersama tim mahasiswa dan TBM FK Unizar. Tim berangkat sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Sementara tim kedua yang terdiri dari dr. Lalu Yan Hidayat dan dr. Denuna Enjana berangkat bersama Tim Tanggap Bencana RSUD Awet Muda Narmada di bawah naungan Dinas Kesehatan Lombok Barat. Tim ini mulai bergerak pada pukul 11.00 waktu setempat.

Baca Juga:  Kegiatan Mobile Clinic MER-C Temukan Korban Gempa dengan Patah Tulang Terabaikan

Tujuan tim adalah wilayah terdampak gempa di Lombok Timur yaitu daerah Sembalun dan Sambelia.

Tim Berikutnya yang akan berangkat merupakan tim khusus bedah dijadwalkan berangkat segera pada hari Selasa besok (7/8/2018).

Tim Bedah merupakan kerjasama antara MER-C, PABOI Jaya (Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi Indonesia) dan Fakultas Kedokteran UI. Tim medis dan bedah selanjutnya akan terus dikirimkan berdasarkan kebutuhan di lapangan.

 

Sebelumnya, pada Jumat lalu (29/7), MER-C melalui cabang Mataram mengirimkan relawan dr. AD Irma Ramdhani bersama gabungan tim Dinas kesehatan Lombok Barat yang dipimpin oleh dr. Sapto Sutardi berangkat menuju lokasi bencana.

Baca Juga:  Jokowi Kunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa di Lombok Utara

Tim berangkat menuju lombok utara yaitu daerah bayan untuk melakukan initial assessment (penilaian awal) di lokasi bencana, untuk mencatat apa saja yang dibutuhkan saat ini dan mengatur rencana selanjutnya, tim juga membawa obat-obatan, air minum dan mie instan sebagai bantuan awal untuk korban bencana.

Bantuan dan donasi bagi korban bencana alam gempa bumi di Lombok dapat disalurkan melalui: Rekening Donasi Amanah Kemanusiaan Umum MER-C: BCA, 686.0099339; BSM, 701.5658.899; dan BNI Syariah, 303.2000.922.

Mi’raj News Agency (MINA)

  • 44
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved