Provinsi Aceh Tunda Imunisasi Measles Rubella

ilustrasi Foto

Banda Aceh, Mercinews.com – Provinsi Aceh menunda pelaksanaan imunisasi vaksin Measles Rubella (MR) sampai adanya sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah usai rapat paripurna khusus dengan DPR Aceh, Senin (6/8/2018) mengatakan, penundaan ini dilakukan karena vaksin produk Serum Institute of India tersebut belum memiliki sertifikat halal.

“Saya sudah meminta kepada Dinas Kesehatan Aceh untuk menunda pelaksanaan imunisasi vaksin MR di Aceh,” katanya.

Baca Juga:  Tak dapat Bergerak Usai Divaksin, Bocah M Helmi Dirujuk ke RSUZA Banda Aceh

Nova menyebutkan, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan Aceh juga telah meminta kepada seluruh kabupaten/ kota untuk menunda pelaksanaan Imunisasi MR tersebut sampai batas waktu yang belum di tentukan.

Sebab, kata Nova, Kementerian Kesehatan hingga saat ini belum mengajukan permohonan sertifikasi halal untuk vaksin MR pada MUI, akan tetapi vaksin tersebut sudah duluan di kirim ke daerah-daerah, malahan ada daerah yang sudah menjalankan imunisasi tersebut.

Baca Juga:  Imunisasi MR Belum Miliki Lebel Halal, MPU Sarankan Minta Pendapat Ulama

“Kemudian keluar klarifikasi MUI bahwa vaksin MR tersebut belum adanya sertifikasi halal,” sebut Nova.

Maka untuk menghindari polemik di tengah-tengah masyarakat, Pemerintah Aceh menunda imunisasi vaksin tersebut hingga ada sertifikasi halal dari MUI.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif membenarkan ihwal penundaan vaksin MR di Aceh.

Menurutnya, imunisasi vaksin MR ditunda karena ada surat dari MUI yang menyatakan bahwa belum ada sertifikat halal untuk vaksin jenis MR.

Baca Juga:  MUI: Kasus Macam Vaksin MR Pernah Dipraktikkan Rasulullah

Kemudian Dinas Kesehatan Aceh melaporkan kepada Plt Gubernur Aceh, yang langsung meminta agar pelaksanaan imunisasi vaksin tersebut ditunda.

“Sesuai dengan instruksi Gubernur Aceh kepada Dinas Kesehatan Aceh dan bupati /wali kota di Aceh maka imunisasi vaksin MR ditunda sementara waktu sampai adanya sertifikat halal dari MUI,” katanya. []

  • 79
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved