Soal PAW Pindah Partai Tidak Berlaku Bagi yang Nyaleg dari Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan anggota DPR Aceh ataupun anggota DPR Kabupaten/kota dari partai lokal tidak perlu mundur apabila mencalonkan diri sebagai anggota DPR, DPR Aceh atau DPR Kabupaten/Kota mewakili partai politik nasional.

Hal itu tertera dalam surat balasan KPU yang disampaikan kepada Ketua KIP Kota Sabang yang tembusannya disampaikan kepada KIP Aceh.

Baca juga:  Eks Koruptor, KIP Aceh Coret Abdullah Puteh dari Daftar Bacaleg DPD

Dalam surat bernomor 703/PL.01.4-D/06/KPU/VIII/2018 bertanggal 1 Agustus 2018 yang ditandatangani oleh Arief Budiman itu juga mencantumkan hal yang sama untuk partai politik nasional, juga tidak perlu mundur sebagai anggota DPR, DPRA, atau DPR Kabupaten/Kota apabila mencalonkan diri mewakili partai lokal.

KPU dalam suratnya mendasarkan pada Pasal 83 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) UUPA yang mengatur antara lain bahwa keanggotaan anggota partai politik lokal diperbolehkan merangkap keanggotaan partai politik nasional.

Baca juga:  Putra Asli Air sialang siap bertarung di Pileg Aceh Selatan

Sebelumnya Kementerian Dalam Negeri telah mengirimkan surat yang ditujukan kepada Gubernur, pimpinan DPRD provinsi, Bupati/Walikota dan pimpinan DPRD Kabupaten/kota perihal banyaknya anggota DPRD yang maju sebagai calon legislatif, tapi berpindah partai.

Para anggota DPRD Provinsi dan anggota DPR Kabupaten/Kota yang nyaleg pindah partai bisa diberhentikan antar waktu. “Kami telah mengirimkan surat bernomor 160/6324/OTDA,” kata Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar, di Jakarta, Sabtu (4/8).

Baca juga:  Di Provinsi Aceh, Lima Mantan Napi Kasus Korupsi Ikut Nyaleg

Surat tersebut menurut Bahtiar tentang pemberhentian Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota yang mencalonkan diri dari partai politik yang berbeda dengan partai politik yang diwakili pada pemilu terakhir untuk mengikuti pemilu 2019. []

  • 131
    Shares

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved