Tim Medis MER-C Pertama Capai Desa Salut, Lombok Utara



Jakarta, Mercinews.com – Kamis, 9 Agustus 2018, tim mobile clinic MER-C berangggotakan dr. Miftahul Masruri, dr. Akita Akbar,  dr. Lia Rahmarini, Kipa Jundapri, Islamiyah Samaun, bersama tim MER-C Mataram masih menyisiri wilayah- wilayah gempa terparah di Lombok Utara. Kali ini wilayah yang dituju adalah dusun Salut Timur, desa Salut, Kecamatan Kayangan, Kab. Lombok Utara.

Tim MER-C merupakan yang pertama melakukan pertolongan medis di desa itu pasca gempa yang terjadi Ahad  (5/8) lalu yang melanda NTB.

Data pejabat desa setempat menyatakan, korban meninggal di desa tersebut 14 orang. Sementara korban luka ringan dan berat baru mendapat pengobatan setelah tim MER-C tiba di desa.

Baca Juga:  Masjid Raya Batam Salurkan Rp 25 Juta untuk Pembangunan RS Indonesia Gaza Tahap 2

Desa Salut memiliki delapan dusun, yaitu Salut timur, Kendal Barat, Montong Singgang,  Tunjang Besi, Tanak Sebang,  Nursnjong, Sambitintang, dan Lokok Beru. Kondisi desa Salut masih mencekam. Listrik belum menyala sejak tragedi gempa. Masyarakat masih trauma. Hampir semua rumah warga hancur (90 persen).

Selain bantuan pengobatan medis, hal yang mendesak adalah kebutuhan air bersih. Selama ini warga mengandalkan air PAM desa. Sejak gempa, saluran air terputus hingga warga belum mendapat air bersih hingga saat ini.

Baca Juga:  Wilayah NTB Kembali Diguncang Gempa 6,2 SR

*Gempa Ditengah Operasi*

Sementara itu, Tim Bedah MER-C bersama tim bedah lainnya masih berfokus membantu pasien-pasien korban gempa dari berbagai daerah yang dirujuk ke RSU Mataram.

Tim melakukan _ward triage_ utk menentukan prioritas pasien yang dioperasi, lalu dilanjutkan dengan kegiatan operasi.

Ditengah operasi, tim dikejutkan dengan gempa cukup besar berkekuatan 6,2 SR, membuat dokter dan pasien panik sampai ada yang berlarian. Sementara, Tim berlindung di tepi-tepi dinding lantai 4, tempat kamar operasi berada.

Baca Juga:  MER-C Turunkan Tim Nasional dan Tetapkan Lombok Wilayah Misi Jangka Panjang

Setelah gempa mereda, operasi segera diselesaikan dan lanjut briefing dengan Direktur RS serta tim lainnya. Diputuskan untuk menghentikan pelayanan di RS Mataram dan mencari alternatif pelayanan bedah di RS lain, atau dengan menggunakan tenda atau kontainer.

Dukungan dan donasi bagi Korban Gempa Bumi Lombok dapat disalurkan melalui :

BCA: 686.0099339
BSM: 701.5658.899
BNI Syariah: 303.2000.922

Atas Nama :
Medical Emergency Rescue Committee

Info:
www.mer-c.org
0811990176
FB : MER-C Indonesia

#mercpedulilombok

  • 15
    Shares
Berikan Komentar