Soal Gempa Lombok, AS: Kami Siap Bantu Indonesia Jika Dibutuhkan

Jakarta, Mercinews.com – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan menyatakan pihaknya telah membantu Indonesia dalam menangani korban gempa Lombok dan siap memberikan bantuan tambahan jika dibutuhkan.

“Saya ingin memulai dengan mengucapkan rasa belasungkawa yang mendalam pada seluruh keluarga dan komunitas yang terkena dampak gempa di Lombok. Kami membantu pemerintah Indonesia dan komunitas di Lombok melalui program tanggap bencana di Lombok dan kami siap untuk memberikan tambahan bantuan apabila pemerintah Indonesia membutuhkan,” ucap Donovan pada Jumat (10/8).

Baca Juga:  Terkait Foto Masjid Al-Aqsa Diganti Kuil Yahudi, Dubes AS Mengaku Ditipu

Ketika ditanya berapa banyak warga AS yang menjadi korban gempa Lombok, Donovan menyatakan dia tidak memiliki data pasti. Dia hanya menyatakan telah mendapatkan laporan adanya beberapa warga AS yang terluka atau menderita patah tulang akibat gempa itu.

Baca Juga:  Misteri 'Pesawat Kiamat' di Atas Gedung Putih saat Serangan 9/11

Dia lalu menegaskan, bahwa tidak ada satupun negara yang siap untuk menghadapi bencana alam. Dia mencomtohkan saat AS dihantam badai Katrina beberapa waktu lalu, di mana Washington kesulitan untuk melakukan evakuasi dan menyalurkan bantuan, atau Jepang saat dihantam gemap dan tsunami, yang menyebabkan bocornya reaktor nuklir.

Baca Juga:  Bom yang Tewaskan 40 Anak di Yaman Ternyata Disuplai AS

AS dan Jepang, lanjut Donovan membutuhkan bantuan sebanyak mungkin dari berbagai pihak saat terkena bencana. “Oleh karena itu, bantuan dari negara lain sangatlah penting,” ungkapnya.

Diplomat senior AS itu menambakan, saat ini AS dan Indonesia sudah memiliki sejumlah kerjasama dalam masalah penanggulangan bencana, termasuk kerjasama dalam bidang teknologi pemantauan aktivitas seismik dan gunung berapi.

Sindonews

  • 23
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved