Mercinews


BPOM Aceh Sita Kosmetik Ilegal Senilai Rp 239 Juta

20180813 img 20180813 110355 - BPOM Aceh Sita Kosmetik Ilegal Senilai Rp 239 Juta
BPOM Aceh memperlihatkan kosmetik ilegal. Foto: Tommy

Banda Aceh, Mercinews.com – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh menyita 9.839 Pcs kosmetik ilegal hasil penertiban di tujuh Kabupaten-Kota di Aceh.

694 item kosmetik hasil penertiban yang disita itu berasal dari Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Utara dan Aceh Barat dengan nilai ekonomis Rp 239 juta lebih.

Kepala BBPOM Aceh, Zulkifli menyebutkan kebanyakan kosmetik yang disita tersebut mayoritas produk pemutih wajah yang diduga mengandung merkuri, serta mengandung zat pewarna di sejumlah produk lipstik.

Baca juga:  BPOM Resmi Nyatakan Susu Kental Manis Tak Mengandung Susu

“Barang yang kami sita ini tidak ada ijin edar BPOM, diyakini mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh terutama kulit,” kata Zulkifli, Senin (13/8/2018).

Saat ini banyak produk-produk kosmetik tanpa ijin edar beredar dipasaran. Seperti produk temulawak, yang sudah dilarang oleh BPOM karena mengandung bahan berbahaya.

Menurut Zulkifli, masyarakat di minta harus bijak dan berhati-hati dalam memilih alat kecantikan yang bisa berbahaya bagi kulit.

Baca juga:  BPOM Resmi Nyatakan Susu Kental Manis Tak Mengandung Susu

“Apalagi produk kecantikan yang dijual secara online, belum tentu barang tersebut aman bagi tubuh terutama dapat merusak kulit, jadi masyarakat harus berhat-hati memilih kosmetik,” ujarnya.

Terkait peredaran kosmetik ilegal tersebut, pihaknya berkerjasama dengan pihak kepolisian akan terus melakukan pengawasan terhadap alat-alat kecantikan yang mengandung bahan berbahaya.

“Ada tujuh kasus perkara kosmetik ilegal yang sudah diproses hukum dan sudah tahap p21,” ungkapnya.[]

Sumber: Ajnn.net

loading...

Comments