Kuliah Umum di UI, Susi: Fans Saya Boleh Ikut Tenggelamkan Kapal

Foto: Grandyos Zafna

Depok, Mercinews.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia (UI) Depok. Dalam kuliah umum itu, Susi menyinggung masalah pentingnya deklarasi Djuanda.

“(Deklarasi) Djuanda inilah yang membawa proposal ke dunia untuk pengakuan negara kepulauan, dulu batas laut Indonesia hanya 3 mill ke daratan lautan kita. Jadi lautan kita memisahkan pulau-pulau kita karena dulu hanya 3 mill atau 5 km, terpisah pulau kita dengan laut internasional,” jelas Susi kepada ribuan mahasiswa di Aula Balairung UI, Depok, Senin (13/8/2018).

Deklarasi Djuanda ini menjadi penting. Sebab, dengan adanya deklarasi tersebut, kedaulatan perairan Republik Indonesia menjadi semakin luas, sehingga pihak asing pun tidak bisa sembarangan melayari perairan Indonesia.

Baca Juga:  Disindir Soal Illegal Fishing, Menteri Susi 'Semprot' Fahri Hamzah

“Dengan deklarasi Djuanda ini kita memiliki 200 mil. Sehingga lautan itu yang menyatukan 17.500 pulau jadi satu kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Upaya penegakan hukum untuk mempertahankan kedaulatan perairan Indonesia juga menjadi sangat penting. Karena itu, Susi tidak akan pandang bulu untuk melakukan penegakan hukum dengan jalan penenggelaman kapal.

“Saya sebagai pembantu presiden diminta eksekusi undang-undang dengan tegas, tanpa kompromi yaitu eksekusinya kapal ditenggelamkan,” tegas Susi yang disambut riuh mahasiswa.

Penenggelaman kapal ini dirasakan sangat penting untuk menjaga sumber daya perikanan Indonesia. Tidak hanya itu, perairan Indonesia yang sangat luas juga sangat rawan disusupi pelaku kejahatan lainnya, sehingga ketegasan dalam penegakan hukum sangat diperlukan.

Baca Juga:  Disindir Soal Illegal Fishing, Menteri Susi 'Semprot' Fahri Hamzah

“Penenggelaman kapal ini adalah sebuah bentuk pelaksanaan penegakan hukum atas pelanggaran kedaulatan. Kedua, yaitu selain pencurian ikan ini ada kejahatan penyelundupan dari narkoba, miras dan lain sebagainya, yang ketiga jual beli manusia, yang keempat penjual endangered species animal, binatang langka diperdagangkan,” paparnya.

Di akhir kuliah umum, Susi mengajak mahasiswa UI untuk ikut peduli akan kelautan dan perikanan Indonesia. Susi juga mengajak mahasiswa untuk berperan serta pada acara Pandu Laut di Makassar pada 19 Agustus 2018 lalu.

Kegiatan itu akan diikuti oleh 200 komunitas pecinta laut. Sejumlah selebriti, seperti Kaka ‘Slank’ juga akan ikut hadir menghadap laut di 73 titik di seluruh Indonesia. Susi pun sempat berkelakar terkait acara itu.

Baca Juga:  Disindir Soal Illegal Fishing, Menteri Susi 'Semprot' Fahri Hamzah

“Yang nge-fans sama Kaka Slank bisa ikut Pandu laut di Makassar, kalau yang fans sama ibu bisa ikut sama ibu sekalian menenggelamkan kapal,” ujarnya sambil disambut tepuk tangan mahasiswa.

Dalam kegiatan itu, masyarakat pecinta laut akan melakukan gerakan sosial, di antaranya membersihkan sampah di pantai.

“Nah mengumpulkan sampah, membuktikan kecintaan kita dengan mengumpulkan sampah yang ada di laut dan mempunyai komitment untuk tidak dan mengurangi sampah plastik di laut,” tuturnya.

(detikcom)

Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved