Ini Pesan Mualem di 13 Tahun Perdamaian Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) pusat, Muzakir Manaf, mengajak seluruh kader KPA/PA untuk merefleksi diri terkait segala kebijakan agar lebih fokus terhadap percepatan kemajuan Aceh.

Pria yang akrab disapa Mualem ini berharap, 13 tahun damai Aceh bisa dijadikan sebagai momentum bersejarah bagi rakyat Aceh agar kembali bangkit dari keterpurukan.

“Khususnya kepada eks kombatan dan kader PA, saya tegaskan untuk terus mengawal dan memperjuangkan segala kekhususan Aceh berupa butir-butir MoU Helsinki dan turunan UUPA yang masih belum selesai,” ujar Mualem kepada aceHTrend melalui telepon seluer, Rabu (15/8/2018).

Baca Juga:  Mualem Didukung untuk Pimpin KONI Aceh Satu Periode Lagi

Mualem mengatakan, perdamaian Aceh yang telah diteken satu dekade lebih menjadi bahan renungan bagi seluruh rakyat Aceh, khususnya para eks kombatan. Pasalnya, perjanjian damai yang seharusnya dirajut dan dirawat bersama-sama bagaikan kandas ditengah jalan.

Mualem menjelaskan, pemerintah pusat sepertinya masih belum ada dan bahkan tidak mau belajar dari kegagalan Ikrar Lamteh dalam penyelesaian konflik DI/TII Aceh. Akibatnya, perjanjian damai itu menjadi semu dikarenakan niat dan itikad baik dari pemerintah pusat yang suka menunda dan bahkan mengingkrarinya.

Baca Juga:  Soal Pergantian, Mualem: Muharuddin Jangan Lawan Partai

“Untuk ke depannya, saya tegaskan kepada seluruh eks kombatan untuk bersatu. Lupakan perbedaan meski kita memasuki tahun politik pada 2019 nanti. Mari satukan visi dan misi kita, yaitu memperjuangkan segala kewenangan Aceh. Begitu juga kepada kader Partai Aceh agar terus komit dan wajib memperjuangkan segala kepentingan Aceh yang masih terhenti di pusat,” tegas Mualem.

Sementara ketika ditanyai ketidakhadirannya pada deklarasi damai di Masjid Raya Baiturrahman, Mualem mengaku saat ini sedang berada di Jakarta karena hendak menunaikan ibadah haji.

Baca Juga:  Mualem Dukung Semua Kader PA yang Maju ke DPR RI Senayan

Kepada seluruh rakyat Aceh, ia meminta doa restu agar dipermudahkan segala urusannya dalam melaksanakan salah satu rukun islam tersebut.

“Momentum 13 tahun damai ini, mari kita berdoa semoga Aceh ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mari kita bersama-sama merawat dan menjaga perdamaian yang sangat berharga ini,” ujar Mualem.[]

 

aceHTrend

  • 142
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved