KPK Siap Hadapi Praperadilan Wakil Ketua PNA Banda Aceh

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh, Safaruddin, mendaftarkan permohonan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Mercinews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menghadapi praperadilan yang diajukan oleh Wakil Ketua DPW PNA Kota Banda Aceh Yuni Eko Hariatna. Lembaga Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) dipercaya oleh Yuni Eko Hariatna sebagai tim kuasa hukum yang mendaftarkan permohonan praperadilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (15/8/2018).

Ketua YARA Aceh, Safaruddin mengatakan Yuni Eko Hariatna memberikan kuasa khusus kepada Tim Advokasi YARA untuk mengajukan praperadilan terkait sah atau tidaknya penangkapan dan penahaman terhadap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf.

Baca Juga:  Sidang Praperadilan Irwandi Yusuf Digelar 10 September Mendatang

Menurut Safaruddin, penangkapan dan penahanan terhadap Irwandi tidak sah karena tidak didasari dengan fakta-fakta hukum yang ada, seperti tidak adanya barang bukti dalam proses penangkapan Irwandi di Meuligoe Gubernur Aceh, dan saat ditangkap juga tidak saat Irwandi melakukan transaksi korupsi.

Baca Juga:  Irwandi Yusuf Bicara soal Steffy Burase yang Diperiksa KPK

“Penangkapan Irwandi tidak ditemukan barang bukti sebagaimana di katakan bahwa penangkapan tersebut merupakan operasi tangkap tangan, uang yang saat ini disebut sejumlah Rp 500 juta itu diambil dari pihak lain yang akan digunakan untuk kepentingan promosi Aceh melalui kegiatan Aceh Marathon,” kata Safar.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Dianyah mengatakan terkait dengan informasi yang berkembang tentang pengajuan praperadilan ke PN Jaksel, jika nanti KPK sudah menerima panggilan sidang tentu akan dihadapi.

Baca Juga:  KMAB Tuntut Lepaskan Irwandi Yusuf

Ia menjelaskan seperti halnya semua praperadilan yang pernah diajukan, KPK menghargai proses hukum tersebut.

“Karena memang akan lebih baik jika keberatan-keberatan disalurkan melalui proses hukum sebagaimana diatur di peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Febri.[]

  • 28
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved