Mercinews


Menlu: Kontingen Pelestina di Asian Games Gabungan Fattah dan Hamas

c3ebd28f 0b58 4643 a419 f86c7aba2db1 169 - Menlu: Kontingen Pelestina di Asian Games Gabungan Fattah dan Hamas
Foto: Grandyos Zafna/detik.com

Jakarta, Mercinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi keikutsertaan kontingen Palestina dalam perhelatan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Terlebih, kontingen Palestina merupakan gabungan dari kelompok di Palestina yang berseberangan.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi setelah Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua Komite Olympic Palestina Jibril Mahmoud Muhammad Rajoub di Istana Merdeka. Dia mengatakan, kontingen Palestina yang ikut di Asian Games tidak hanya berasal dari kelompok Fattah saja, tetapi banyak juga yang berasal dari kelompok Hamas.

“Di situlah kemudian olahraga dapat persatukan perbedaan. Ini merupakan satu momentum yang sangat bagus yang dapat digunakan untuk terus mempersatukan Palestina,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Baca juga:  Bertemu Raja Salman, Jokowi Dijamu Makanan Khas Timur Tengah

Retno menambahkan, dalam pertemuan itu Jokowi menyampaikan bahwa persatuan Palestina menjadi sangat penting artinya dalam perjuangan Palestina.

“Dan beliau sampaikan harapan Presiden Abbas agar Indonesia teris dapat membantu perjuangan Palestina membawa isu Palestina ini ke manapun Indonesia pergi. Karena mereka sangat memantau dari dekat ke manapun Indonesia pergi, maka isu Palestina ini terus dibawakan oleh Indonesia,” katanya.

Baca juga:  Tiba di Indonesia, Mahathir Disambut Presiden Jokowi

Retno mengatakan, Jokowi menegaskan bahwa Asian Games yang diheklat di Indonesia hendaknya dijadikan tempat untuk menyemai persahabatan dan perdamaian. “Dan Asian Games ini hendaknya dapat jadi energi baru bagi perjuangan bangsa Palestina dan energi persatuan bagi pihak-pihak yang ada di Palestina. intinya itu,” katanya.

Retno juga menegaskan dukungan Indonesia untuk Palestina tidak sekedar di bidang politik, tetapi juga pada bidang ekonomi dan capacity building.

“Hari ini Palestina akan bertemu juga dengan Menpora untuk membahas kerjasama apa yang dapat dilakukan untuk masalah kepemudaan dan olahraga,” katanya.

(detikcom)

loading...

Comments