Mercinews


Masuk Daftar Tunggu, Bantuan Rumah Rusak Akibat Gempa Pidie Jaya Cair Tahun Ini

20180828 kepala bpbd pijay - Masuk Daftar Tunggu, Bantuan Rumah Rusak Akibat Gempa Pidie Jaya Cair Tahun Ini
Kepala BPBD Pidie Jaya, M Nasir

Pidie Jaya, Mercinews.com – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya M Nasir memastikan bantuan untuk korban gempa 7 Desember 2016 lalu yang masuk dalam daftar tunggu akan cair pada tahun 2018.

Surat Keputusan (SK) bupati terhadap data tambahan sebanyak 1.011 unit rusak berat dan 491 unit rusak sedang telah diusulkan beberapa bulan yang lalu. Namu baru beberapa hari lalu Pemerintah Pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan akan menyalurkan bantuan daftar tunggu tersebut.

“Untuk 1.010 yang masuk dalam daftar tunggu akan disalurkan pada tahun ini. Yang diusulkan 1.011 unit rusak berat, tapi setelah divalidasi 1.010 yang masuk,” kata M Nasir saat di konfirmasi Ajnn via seluler, Selasa (28/8).

Baca juga:  GeRAK Aceh: Usut Tuntas Dugaan Pungli Bantuan Korban Gempa Pidie Jaya

Baca: Bantuan Rehab Rumah Tak Kunjung Cair, Korban Gempa Pidie Jaya Resah

Namun, M Nasir tidak dapat memastikan tanggal dan bulan berapa bantuan tersebut akan disalurkan. Sedangkan untuk rumah rusak sedang sebanyak 491 unit, lanjutnya, saat ini rumah tersebut sudah mulai dikerjakan.

“Untuk bulannya belum saya tau pasti, yang jelas tahun 2018 bantuan untuk 1.010 unit rumah rusak berat akan disalurkan. Sedangkan untuk rumah rusak sedang saat ini sedang dikerjakan, sebab 491 unit rusak sedang sudah disetujui dari dulu, dan dananya pun ada di BPBD Pidie Jaya,” jelasnya.

Baca juga:  Sepuluh Ribu Warga Korban Gempa di Lombok Utara Dicoret dari BPJS

Ia juga memastikan dana bantuan yang sudah disetujui untuk Pidie Jaya tersebut tidak terpengaruh dengan musibah gempa yang menimpa Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebab menurutnya lagi, anggaran untuk Lombok tersebut bersumber dari APBN tahun 2019. Sedangkan untuk korban gempa Pidie Jaya menggunakan anggaran tahun 2018.

Ia juga berharap kepada korban gempa di Pidie Jaya untuk tidak resah dan khawatir, sebab bantuan untuk daftar tunggu tinggal menunggu waktu.

“Cuma tinggal tunggu waktu pencairan saja untuk Pidie Jaya,” imbuhnya meyakinkan.

Sumber: Ajnn

loading...

Comments