Sebanyak 580 Pasangan suami istri Ikut Itsbat Nikah di Pidie Jaya

Meureudu, Mercinews.com – Sebanyak 580 pasangan suami istri di Pidie Jaya mengikuti Itsbat Nikah yang berlangsung di Aula kantor Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Selasa (28/08/2018).

Peserta Itsbat kebanyakan adalah pasangan yang menikah saat Aceh masih didera konflik bersenjata Sehingga mereka hanya menikah siri, yang sah secara agama, namun tidak memiliki akta nikah.

Baca Juga:  Irwandi Yusuf Ulang Tahun Hari ini, Darwati A gani: I Love You Imamku

Karena itu, Pemerintah Pidie Jaya menggelar itsbat (penetapan) nikah ini sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat yang belum mempunyai akta nikah.

“Nantinya pasangan suami istri yang telah melangsungkan pernikahan mendapatkan pengakuan dari negara atas perkawinan yang statusnya sah menurut agama dan negara sehingga perkawinan tersebut berkekuatan hukum, ” kata Bupati Aiyub Abbas.

Baca Juga:  Beredar Foto Pernikahan Mirip Bupati Pidie Abusyik

Sementara itu Kadis Syariat Islam Aceh Erik Alidar mengatakan, pasangan yang mengikuti Itsbat Nikah adalah mereka yang diketahui menikah tahun 2005 ke bawah.

Selain itu, anak dari peserta Itsbat Nikah tersebut juga akan mendapatkan akta kelahiran yang akan dikeluarkan disdukcapil

Baca Juga:  Heboh Foto Pria Bule asal Norwegia Nikahi Gadis Aceh Utara

Pantauan Beritakini, setelah acara Itsbat Nikah yang dilaksanakan oleh Dinas Syariat Islam Aceh, turut dilakukan penyerahan secara simbolis hasil itsbat nikah tersebut, buku akta nikah, kartu keluarga dan akta kelahiran.

  • 64
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved