Selain Aset, KPK Juga Cecar Kerabat Steffy Burase soal Aliran Duit

Jakarta, Mercinews.com – Kerabat Fenny Steffy Burase Farah Amalia, diperiksa penyidik KPK terkait kasus dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf Dia dicecar soal dugaan aliran dana.

“Terhadap saksi Farah Amalia, yang merupakan kerabat dan teman Steffy Burase, penyidik juga mendalami informasi dugaan aliran dana atau pembiayaan yang diduga dikeluarkan untuk saksi atau pihak lain,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (6/9/2018).

Baca Juga:  KPK OTT Bupati Labuhanbatu Sumut, Transfer Ratusan Juta Jadi Bukti

Dalam perkara itu, Steffy juga berstatus sebagai saksi tapi sudah dicegah ke luar negeri. Kediaman Steffy dan Farah pun sudah digeledah KPK.

Febri sebelumnya mengatakan Farah diperiksa terkait kepemilikan aset. Farah juga ditanyai soal hubungannya dengan Steffy.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Irwandi sebagai tersangka suap. Dia diduga menerima duit suap dari Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi sebesar Rp 500 juta.

Baca Juga:  KPK Cekal 4 orang Ini Keluar Negeri Terkait Kasus Irwandi Yusuf

Uang itu merupakan bagian dari commitment fee Rp 1,5 miliar atau 10 persen demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi Dana Otsus. KPK menduga bagian 8 persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sedangkan 2 persen di tingkat kabupaten.

Sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. Selain Irwandi dan Ahmadi, ada dua orang yang dijerat sebagai tersangka, yaitu Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.

Baca Juga:  Bantuan Hukum untuk Irwandi Masih Tunggu Konsultasi Mendagri

Dalam perkembangannya, KPK juga cukup intens memeriksa Steffy, yang bahkan telah dicegah ke luar negeri. KPK menduga tahu soal aliran duit suap Irwandi.

  • 71
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved