Kegiatan Mobile Clinic MER-C Temukan Korban Gempa dengan Patah Tulang Terabaikan

Jakarta, Mercinews.com – Kegiatan mobile clinic yang rutin dilakukan MER-C sejak berdirinya Posko dan RS Lapangan di SMPN 3 Kayangan, Lombok Utara hingga kini masih terus berlanjut. Kegiatan ini dilakukan untuk menjangkau korban gempa dan pengungsi yang kesulitan memperoleh akses kesehatan.

Pada tanggal 26 Agustus 2018, Tim mobile clinic MER-C yang terdiri dari dr. Vino, dr. Laily, perawat Taufik dan bidan Rafi’u mengunjungi salah satu warga di desa Sejongga yang mengeluhkan kelemahan kaki dan kesulitan bergerak. Saat dilakukan anamnesis, diketahui keluhan tersebut telah dirasakan sejak pasca gempa tanggal 5 Agustus 2018 lalu.

Baca Juga:  Takut Gempa Susulan, Warga Tidur di Jalanan

Hasil pemeriksaan menunjukkan kecurigaan patah tulang pada bagian tulang paha. Tim kemudian menyarankan pasien dirujuk guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Saat itu, Tim memberikan alat bantu berupa tongkat (kruk) kepada pasien untuk membantu mobilitasnya sementara waktu.

Setelah mendapat persetujuan dari keluarga, akhirnya pada 1 September 2018, Ibu Ita, nama pasien tersebut, bersedia dirujuk untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan meneruskan rencana pengobatan.

Baca Juga:  Tim Bedah Gabungan MER-C, PABOI Jaya dan Dept Orthopaedi FKUI/RSCM Bertolak ke Lombok

Tim mobile clinic yang saat itu dipimpin oleh dr. Gede, melakukan evakuasi pasien dari desanya menggunakan ambulans MER-C. Mobilitas pasien yang terbatas serta pertimbangan untuk mengurangi risiko komplikasi membuat pasien terpaksa digendong oleh dr. Gede untuk dipindahkan ke ambulans.

Pasien kemudian dibawa ke RSUD Tanjung untuk dilakukan pemeriksaan radiologi dan dijadwalkan penatalaksanaan berikutnya.

Salah satu kisah ini semoga menjadi penyulut semangat dalam diri masing-masing relawan bahwa mungkin masih banyak warga korban gempa yang belum mendapatkan akses kesehatan memadai. Tugas belum selesai, mari bersama-sama kuatkan tekad dan semangat untuk terus menjalankan tugas kemanusiaan. (LA)

Baca Juga:  Mahasiswa IMM Abdya Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

————————
Bantuan dan donasi bagi Korban Gempa Bumi Lombok dapat disalurkan melalui:

BCA, 686.0099339
BSM, 701.5658.899
BNI Syariah, 303.2000.922
Semua rekening atas nama :
Medical Emergency Rescue Committee

  • 20
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved