Teuku Riefky sebut Asian Games sebagai wadah pemersatu Indonesia

Anggota MPR-RI, Teuku Riefky Harsya

Blangpidie ( Mercinews.com )-Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI), Teuku Riefky Harsya menilai Asian Games 2018 yang baru saja berakhir menjadi wadah pemersatu dan semangat cinta tanah air bagi seluruh rakyat di Indonesia.

Hal itu di sampaikan oleh Teuku Refky di depan ratusan masyarakat dan pemuda Nagan Raya saat menggelar empat pilar kebangsaaan, Rabu (12/9) di salah satu Hotel di Nagan Raya.

“Alhamdulillah, Asian games 2018 membuat kita bersatu dan cinta tanah air. Buktinya, seluruh rakyat mendukung para atlet yang ikut bertanding saat itu, dan seluruh rakyat ikut senang dan sedih saat para atlet meraih medali. Dengan semangat itu pula, kita berhasil berada di peringkat empat,” ujar Anggota MPR-RI, Teuku Riefky Harsya.

Para Kontingen Merah Putih, kata Riefky, berhasil mengumpulkanin 98 medali, dengan rincian 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Prestasi itu, tambahnya, tidak akan diraih oleh para atlet, jika tidak ada dukungan seluruh rakyat indonesia, baik itu dukungan moril maupun keamanan.

Baca Juga:  Menlu: Kontingen Pelestina di Asian Games Gabungan Fattah dan Hamas

“Ini prestasi yang patut kita banggakan, dan selama perhelatan itu, kondisi keamanan sangat aman dan kondusif. Pihak keamanan juga patut kita apresiasikan,” kata Anggota Komisi I DPR-RI itu.

Namun, Riefky berharap para atlet yang mengharumkan nama Indonesia itu terus dibina, mengingat olimpiade sudah semakit dekat, sehingga mereka mampu mengharumkan nama Indonesia pada ajang dunia tersebut.

Dalam kesempatan itu, Riefky juga mengajak masyarakat untuk melihat sisi positif peran Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018, bukan justru sebaliknya.

“Indonesia sebagai tuan rumah harus berbangga mampu menyelenggarakan event akbar ini dengan sangat baik,” kata Mantan ketua Komisi X DPR-RI ini.

Baca Juga:  Anies Baswedan Serahkan Obor Asian Games ke Wali Kota Hangzhou

Menurutnya, Asian Games tak sekadar pesta olahraga, tetapi banyak segi positif di dalamnya, baik ekonomi, pariwisata, promosi budaya, termasuk terkait dengan diplomasi.

“Tidak sedikit negara yang awalnya bersiteru, seperti Palestina dan Israel, Korea Utara dan Korea Selatan, pada ajang Asian Games, mereka saling fair dan saling mendukung bahkan menghormati saat bendera masing-masing dikumandangkan,” sebutnya.

Riefky berharap dengan adanya Asian Games 2018 itu bisa merajut dan memupuk cinta tanah air. Tentu cinta tanah air bukan saja saat ada pertandingan dan evant besar semata. Namun, cinta tanah air itu juga ditanam dalam semangat empat pilar kebangsaaan.

“Apa empat pilar itu, pertama Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang–Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” sebut Wasekjend DPP Partai Demokrat itu.

Baca Juga:  Aries 'Spiderwoman' Susanti Persembahkan Emas Pertama dari Palembang

Karena, sambungnya, Indonesia merupakan bangsa yang kuat dan terdiri dari banyak suku bangsa dan dengan keberagaman itu, jangan sampai terpecah-pecah. Jika itu terjadi akan mengganggu kedaulatan NKRI.

“Jika nilai-nilai kebhinekaan terus diperkuat dan empat pilar kebangsaan selalu kita tanamkan dalam diri kita, pembangunan dan bangsa yang hebat dapat kita capai,” ungkapnya.

Dengan adanya sosialisasi empat pilar itu, Riefky berharap, bisa menambah semangat masyarakat bersatu berasama-sama ke arah lebih baik.

“Jika empat pilar ini kita amalkan sejak dini, maka saya sangat yakin, akan lahir generasi muda yang cinta tanah air dan selalu mengharumkan nama baik indonesia, baik di tingkat asia, maupun dunia,” tutup Anggota MPR-RI asal Aceh ini.

  • 30
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved