Pelatih MP Ira Hadiati Mantapkan Diri Maju DPR RI, Harapan Baru Keterwakilan Suara Perempuan Aceh

Ira Hadiati SH Caleg DPR RI Partai Bekarya Dapil I Aceh, No. urut 3 (Foto : Ist )

Jakarta, Mercinews.com – Merujuk data Komisi Pemilihan Umum, Partai Berkarya memiliki 409.022 anggota dengan tingkat keterwakilan perempuan mencapai 36,36%.

Jumlah anggota Partai Berkarya lebih tinggi dibandingkan sejumlah partai lama, antara lain Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang hanya beranggotakan 339.224 orang.

Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa juga berada di bawah Partai Berkarya, masing-masing dengan 300.158 dan 375.254 anggota.

Keterwakilan perempuan di lembaga legislatif tidak hanya penting dari aspek perimbangan antara laki-laki dan perempuan. Populasi Indonesia separuhnya berjenis kelamin perempuan. Namun lebih dari itu, kehadiran anggota parlemen perempuan diharapkan bisa menjamin kepentingan kaum perempuan menjadi salah satu prioritas kebijakan, di antaranya terkait dengan isu pengentasan kemiskinan, pemerataan pendidikan, dan layanan kesehatan.

Baca Juga:  Kautsar Akan Deklarasikan Relawan Cakra AHY di Aceh

Angka keterwakilan perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Saat pemilu pertama kali digelar pada 1955, jumlah kursi perempuan hanya 5,06%, dan angka ini terus bertambah secara bertahap hingga mencapai 11,4% pada 1997 (KPU 2014).

Merujuk pada fakta diatas tersebut membuat Ira Hadiati,. SH, Wakil Dewan Pakar DPW Partai Bekarya Aceh memantapkan pilihan pada partai Pimpinan Tommy Suharto untuk maju DPR RI, sebagai terwakilan perempuan di Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu. (26/09)

Baca Juga:  PKS Urutan Pertama Daftarkan Bacaleg di KIP Banda Aceh

Maju Melalui Dapil I Aceh dengan Nomor Urut 3 hal ini akan semakin menumbuhkan semangat berdemokrasi keterwakilan wanita Aceh dalam kontekstasi perpolitikan Indonesia tahun 2019 mendatang.

” Alhamdulillah Berkarya dan Berdoa untuk menjalankan amanat rakyat ” ujar dengan sampaan Ibu Ira, yang juga pelatih senior Merpati Putih (MP) Aceh tersebut.

Selain Partai Berkarya, tiga partai baru yang akan berpartisipasi pada pemilu 2019 adalah Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Baca Juga:  Partai Aceh Daftarkan 93 Bacaleg DPRA, 61 Laki-laki dan 32 Perempuan

Partai Garuda dipimpin Ahmad Ridha Sabana. Sedangkan Perindo diketuai pengusaha Hary Tanoesoedibjo dan PSI dipimpin eks pembawa berita, Grace Natalie.

Garuda beranggotakan 693.191 orang, terbanyak kedua setelah Partai Hati Nurani Rakyat yang memiliki anggota 828.225 orang.

Dari 14 partai peserta pemilu 2019, jumlah anggota Perindo terbesar keempat, yaitu 629.859 orang.

Sementara itu, PSI tercatat beranggotakan 332.172 orang. (*)

Sumber: Fokusparlemen.com

  • 25
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved