Petani Garam di Desa Ladang Tuha II Dapat Bantuan

Blangpidie (Mercinews.com) – Sedikitnya lima petani garam di Desa Ladang Tuha II, Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya mendapatkan bantuan sembako dari Pemerintah setempat yang diberikan secara langsung oleh Wabup setempat, Kamis (1/11).

Wabup Muslizar bersama Kadis Sosial dan kepala BPBK Abdya dan Camat wilayah setempat mendatangi petani garam yang berada di Dusun pesisir disambut oleh perangkat desa setempat dan para petani garam yang sedang beraktifitas.

Jika petani garam tersebut memiliki lahan pribadi, wabup berjanji akan memprogramkan bantuan pembangunan pondok lengkap dengan peralatan pembuat garam. “Jika ibu-ibu ada lahan pribadi, maka kechik memprogramkan bantuan khusus untuk pembuat garam, ” kata wabup.

Sebelumnya, pengakuan Nenek Basyariah (petani garam) kepada Wabup mengakui dari lima yang bekerja sebagai pembuat garam itu hanya dirinya yang memiliki lahan pribadi sebagai tempat pondok pembuat garam, sementara empat lainya masih menumpang di lahan orang lain. “Pondok tempat masak garam ini kita buat diatas tanah pribadi, tapi yang lain itu dibagun diatas tanah orang lain,” katanya.

Sementara itu pangakuan warga setempat yang diiakan oleh kchik Hasani bahwa sebelumnya pihak aparatur desa tersebut juga telah melakukan upaya untuk memberikan bantuan pembangunan pondok pembuat garam, namun karena bukan tanah hak milik pembuat garam pogram tersebut digagalkan.

“Dulu juga sudah pernah kita upayakan permohonan bantuan, tapi terkendala dengan lokasi, karna petani garam ini buat pondok atas nama pinjam pakai tanah. Kalau kita bangun pondok semi permanen, takut kita di robohkan oleh pemilik tanah, makanya tidak kita bangun,” kata Kachik Hasani.

  • 36
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved