KIP Abdya Masukan penderita gangguan jiwa dalam daftar pemilih tetap

Blangpidie (Mercinews.com)-  Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) memasukkan penderita gangguan jiwa dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pileg dan Pilpres 2019.

Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas KIP Abdya Agus Mudakasir, mengatakan selama mereka ada KTP Elektronik tetap masuk DPT. Senin (19/11)

“Ya selama mereka ada KTP Elektronik tetap masuk dalam daftar pemilih tetap”. Katanya

Baca juga:  Ada Teriakan 'Prabowo Presiden' Usai Salat Jumat di Semarang

Lanjut Agus, mereka bisa saja dicoret dari DPT, jika ada surat keterangan dari dokter jiwa. Jika tidak ada surat tersebut, maka pihaknya tidak bisa mencoret nama mereka dari DPT.

“Jika sudah ada surat keterangan dokter jiwa, bisa kita coret, jika tidak ada surat itu, tidak bisa kita coret. Karena secara aturan orang hilang ingatan (gila) tidak memenuhi syarat,” sebutnya.

Baca juga:  Siap Jadi Wakil Rakyat DKI, Tina Toonita Ingin Bantu Banyak Orang

Terkait hal ini, Agus mengaku pihaknya belum bisa mengambil tindakan, di karnakan hingga saat ini belum ada intruksi dari KPU, untuk memasukkan mereka dalam DPT.

“Belum ada intruksi dari KPU. Bahkan, dari temuan kita, ada orang gila, yang masuk dalam DPT ganda, malah kita coret,” ungkapnya.
Walau begitu, apabila ada intruksi dari KPU untuk memasukkan penderita gangguan jiwa dalam DPT, maka pihaknya akan turun dan melakukan pendataan kembali.

Baca juga:  Rakor Kependudukan Untuk Sukseskan Pemilu Ditutup

“Terlebih saat ini, ada waktu satu bulan diberikan untuk memperbaiki DPT,” sebutnya.

  • 718
    Shares

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved