Sebanyak 49 Pasutri di Abdya Nikah Gratis

Blangpidie (Mercinews.com) – Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bekerja sama dengan Dinas Syariat Islam Aceh serta Disdukcapil Abdya melakukan Kegiatan Itsbat nikah gratis bagi korban konflik dan masyarakat miskin terkhusus warga kabupaten setempat. Rabu (28/11)

Dalam laporannya kepala dinas Syariat Islam, Rajuddin, pada saat pembukaan kegiatan yang bertempat di aula gedung DPRK Abdya menyebut, sebanyak 49 pasangan korban konflik dan masyarakat miskin akan dinikahkan kembali untuk mendapat buku nikah dan akte anak.

Baca Juga:  Foto Pernikahannya Viral di Medsos, Abusyik Minta Maaf

“Kita hanya mampu mendata sebanyak 49 pasangan yang belum memiliki buku nikah. Jumlah ini kurang satu dari kuota yang diberikan provinsi untuk Abdya,” kata Rajuddin.

Dalam kesempatan ini, Rajuddin, berharap untuk tahun depan Provinsi bisa memberikan kuota yang lebih besar lagi untuk Abdya. Agar semua masyatakat terdata oleh negara dan mendapat pelayanan yang sama.

“Kedepan kita berharap Kuota yang lebih besar lagi. Adapun 49 pasangan yang dinikahkan ini bersal dari 9 kecamatan di Abdya,” ulasnya.

Baca Juga:  Abusyik Nikahi Wanita Cantik Bernama Mahdalena asal Kota Langsa

Sementara itu kepala dinas Syariat Islam Aceh, Emk, Alidar mengaku bahwa Isbat nikah menjadi program pemerintah Aceh sejak tahun 2014. Program ini memberikan kuota nikah gratis sebanyak 50 pasangan per-kabupaten.

“Ini persoalan masyarakat. Kita tidak mau anak-anak generasi penerus kita tidak punya akte dan tidak mendapat hak seperti yang lain karena ayah dan ibunya tidak terdata oleh negara. Kalau tidak ada akte maka semua akan menolak tidak ada tempat mengadu, seandainya bermasalah dengan hukum,” kata Alidar.

Baca Juga:  Kisah Haru Polwan Ijab Kabul Lewat Video Call

Dikatakan, program ini merupakan Prioritas pemerintah Aceh dan dikhususkan kepada pasangan korban konflik dan orang miskin dibawah tahun 2006.

“Inti dari Program ini adalah tidak ada pernikahan yang tidak tercatat dan kita himbau kepada masyarakat jika belum tercatat pernikahannya bisa disampaikan kepada pihak terkait di Abdya,”.

Kegiatan ini, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar. MT, mewakili Kapolres dan Kajari sejumlah unsur terkait dan 49 pasangan suami istri yang akan dinikahkan kembali.

  • 54
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved