Mercinews


BPBK Abdya evakuasi korban longsor

IMG 20181211 WA0010 - BPBK Abdya evakuasi korban longsor

Blangpidie (Mercinews.com) Sebanyak 20 warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan warga Kabupaten Aceh Selatan terjebak longsor selama 10 jam di kawasan Km 25, Jalan Trangon-Babahrot.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amruddin, Senin (10/12/2018) malam, mengatakan 20 warga tersebut sedang dalam perjalanan menuju kabupaten Abdya. Saat melewati kawasan jalan trangon tiba-tiba terjadi longsor. Mereka terjebak reruntuhan lereng gunung dan tumbangnya kayu hingga jalan tidak bisa di lintasi.

“Alhamdulillah tidak ada satupun saudara kita yang jadi korban, namun mereka tidak bisa melintas selama 10 jam, dan baru bisa melintas kembali setelah tim gerak cepat BPBK dan Satlantas Polres Abdya tiba ke lokasi,” ungkapnya.

Baca juga:  Akses jalan menuju kantor Kodim di Abdya terancam ambruk

Sementara itu untuk kendaraan baru bisa melintas sekitar pukul 16.00 WIB, warga langsung bisa dievakuasi begitu tim sampai ke lokasi.

“Kita langsung menurunkan alat berat ke lokasi, termasuk membawa mesin pemotong kayu untuk membersihkan lokasi,” sebutnya.

Dikatakan Amiruddin, BPBK Abdya dan pihak terkait lainnya terus melakukan upaya membuka jalur sementara untuk dapat dilewati sepeda motor.

Ada beberapa sepeda motor yang tidak bisa melintas termasuk empat unit roda empat.namun saat ini sudah bisa melintas, terangnya.dijelaskannya, penyelamatan warga yang terjebak longsor tersebut, dilakukan dengan cepat agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga:  Wabup ajak Pegawai kontrak manfaatkan lahan kosong untuk bertani

“Penanganan longsor di perbukitan ini ditangani dengan hati-hati karena khawatir pergerakan tanah yang labil membahayakan tim evakuasi,” sebutnya.

Selain itu pihak BPBK dan Polsek Babahrot dalam penanganan bencana itu juga dibantu personil Satlantas Polres Abdya dan Koramil Babahrot serta wakil bupati Abdya, Muslizar MT, Kadis PUPR serta Kadis Sosial.

loading...

Comments