Mercinews

Bisnis

Ada Perusahaan Sawit di Aceh Tamiang Pemiliknya Warga Malaysia

20181217 20181217 150857 1 - Ada Perusahaan Sawit di Aceh Tamiang Pemiliknya Warga Malaysia

Aceh Tamiang, Mercinews.com – Anggota DPRK Aceh Tamiang, Zulkifli meminta kepada pemerintah setempat untuk menghapus Hak Guna Usaha (HGU) milik seluruh perusahaan kelapa sawit di kabupaten itu.

Zulkifli menilai keberadaan HGU selama ini tidak berdampak positif bagi Pemerintah Aceh Tamiang, oleh karena itu sudah sangat layak untuk dihapus.

“Aceh Tamiang sudah dikepung HGU, sementara PAD-nya tidak masuk untuk Aceh Tamiang,” kata Zulkifli kepada Ajnn, Senin (17/12).

Baca juga:  Alami Gizi Buruk, Orang Utan di Aceh Dievakuasi dari Kebun Sawit

Parahnya lagi, kata Zulkifli, keberadaan HGU luasnya sudah mencapai hampir setengah dari luas wilayah Aceh Tamiang, bahkan diperkotaan seperti di belakang gedung DPRK juga telah ada HGU.

“Pemerintah perlu mengkaji ulang tentang izin HGU tersebut, kalau tidak bermanfaat cabut saja izinnya,” tegas Zulkifli politisi PDIP itu.

Ironinya lagi, kata Zulkifli, ada perusahaan kelapa sawit di Aceh Tamiang pemiliknya adalah warga Malaysia.

Baca juga:  Alami Gizi Buruk, Orang Utan di Aceh Dievakuasi dari Kebun Sawit

“Ini artinya ada orang luar yang mencari keuntungan di Aceh Tamiang,” imbuh Zulkifli.

Menurut Zulkifli, dari puluhan perusahaan kelapa sawit yang ada di Aceh Tamiang sampai hari ini masih ada perusahaan yang belum memenuhi kewajibannya seperti melepaskan plasma.

“Seharusnya begitu membuka lahan sawit, perusahaan sudah membuat plasma yang diperuntukkan untuk kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat disekitar perusahaan,” sebut Zulkifli.

Sumber: ajnn.net

loading...

Comments
To Top