Banjir Rendam Tiga Kecamatan di Aceh Selatan, Ratusan Jiwa Mengungsi

Banda Aceh, Mercinews.com – Banjir setinggi 2 hingga 3 meter merendam ratusan rumah di tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan.

Tiga kecamatan yang terendam banjir itu masing-masing Kecamatan Trumon Timur, Kecamatan Trumon Tengah, dan Kecamatan Trumon.

Kepala BPBA Teuku Ahmad Dadek menyebutkan, banjir akibat meluapnya Sungai Gelombang mengakibatkan dua gampong di Kecamatan Trumon Timur yakni, Gampong Seuneubok Pusaka dan Gampong Titi Poben terendam banjir dengan ketinggian mencapai dua meter lebih.

Baca Juga:  Banjir Landa 10 Wilayah di Myanmar, 11 Orang Tewas

Sementara di Kecamatan Trumon Tengah, dua gampong yakni Gampong Lhok Raya dan Gampong Cot Bayu juga dilaporkan tergenang banjir. Sedangkan di Kecamatan Trumon, banjir menggenangi Gampong Padang Harapan.

Kata dia, banjir terparah terjadi di Kecamatan Trumon Tengah, dimana 250 rumah masyarakat terkena dampak banjir. Sementara di Kecamatan Trumon Timur, kata dia, banjir menggenangi 35 unit rumah warga.

Baca Juga:  Pemkab Abdya bentuk relawan gampong peduli bencana

“Total terdampak sementara ada 285 unit rumah di tiga kecamatan dengan jumlah 338 KK atau 1267 jiwa,” kata Dadek, Senin (17/12/2018).

Lebih lanjut dikatakan, akibat banjir luapan itu sekitar 104 KK atau sekitar 402 jiwa di dua kecamatan terpaksa harus mengungsi ke sejumlah tempat dan ke rumah kerabatnya.

“Di Kecamatan Trumon Tengah, ada 296 jiwa pengungsi dan tersebar di dua titik yaitu di Desa Lhok Raya dan Desa Cot Bayu. Sementara Kecamatan Trumon ada 56 jiwa,” sebutnya.

Baca Juga:  Warga jadi langganan Banjir, Keuchik Desa Kuta Tuha terkesan Tutup mata

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga menggenangi ruas jalan nasional. Ratusan kendaraan masih terjebak di jalan nasional kawasan Ladang Rimba. Hanya truk atau kendaraan berbadan besar yang bisa melintasi genangan air di jalan nasional tersebut.

  • 63
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved