Umum

Kominfo Banda Aceh: Fenomena Tak Terduga di Aceh Hoax

timthumb - Kominfo Banda Aceh: Fenomena Tak Terduga di Aceh Hoax
Ilustrasi. Foto

BANDA ACEH, Mercinews.com  – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh Teuku Ahmad Dadek memastikan bahwa informasi yang beredar di media sosial kalau mulai 20 Desember 2018 hingga awal Januari akan ada fenomena yang tidak terduga khususnya pada daerah yang dekat dengan pantai, yang mengatas namakan Kominfo Banda Aceh dan Aceh Besar adalah tidak benar alias hoax.

“Kalak BPBA dan Kadis Kominfo Aceh menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar, dan sudah kami konfirmasi dengan Kominfo Banda Aceh dan Aceh Besar bahwa berita tersebut tidak pernah mereka keluarkan,” kata Teuku Ahmad Dadek, Selasa (25/12).

Baca juga:  Beredar Foto Duit Iuran BPJS Dipakai Bangun Tol, Hoax or Not?

Dadek menjelaskan dalam sistem penanggulangan bencana di Indonesia yang berhak menerbitkan peringatan dini adalah BMKG.

“Masyarakat wajib belajar dan mengetahui bencana yang ada di sekelilingnya dan cara pengurangan risikonya dan BPBA bertanggung jawab untuk mensosialisasikan Pengurangan Risiko Bencana,” tegas Dadek.

Berikut informasi hoax yang beredar di medsos:

Assalamualaikum wr.wb. pengumuman untuk warga daerah banda aceh dan aceh besar, agar dapat mempersiapkan segala dokumen penting didalam satu tas, agar ketika ada musibah seluruh dokumen tersebut dapat dibawa lari secara bersamaan, siapkan bahan bakar full, karna ketika ada musibah orang semua panik dan tidak ada yang bisa mengurus yang lainnya termasuk jual beli bahan bakar. Dan dipastikan kepada rakan semua agar dapat mengetahui jalur evakuasi terdekat untuk berlindung dari kebencanaan alam. Karna dari tanggal 20 Desember 2018 hingga awal bulan 1 akan ada fenomena yang tidak terduga khususnya pada daerah yg dekat dengan pantai, karna beberapa hari ini tidak ada gerhana atau pun super moon maupun sejenisnya, tetapi bulan terlihat besar dan terang yang menyebabkan pasang surut gelombang air laut tidak menentu. Mari saling menyebar info ini agar kita semua selamat dari bencana yang tidak terduga

Comments

Kabar Popular

To Top