Mercinews


Uang Korban Gempa Pidie Jaya Dipotong Rp 2,9 Juta untuk Biaya Buat Laporan

20190102 hjkll - Uang Korban Gempa Pidie Jaya Dipotong Rp 2,9 Juta untuk Biaya Buat Laporan
Pengurus pokmas Rhieng Krueng Satu melakukan musyawarah dengan Razali di meunasah gampong setempat. Foto: Ist

Pidie Jaya, Mercinews.com – Terkait dugaan pungutan liar (pungli) pada bantuan rehab rekon di Gampong Rhieng Krueng, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, Ketua kelompok masyarakat (pokmas) Rhieng Krueng Satu, Ikhwani, mengatakan pemotongan tersebut sudah disetujui seluruh anggota kelompoknya.

“Pemotongan sebesar Rp 2,9 juta itu untuk biaya buat laporan, dan seluruh anggota pokmas sudah sepakat dengan pemotongan tersebut,” kata Ketua Pokmas Rhieng Krueng Satu, Ikhwani kepada Ajnn melalui seluler, Selasa (1/1).

Dijelaskan, pemotongan sebesar Rp 2,9 juta per penerima manfaat pada kelompoknya itu untuk biaya pembuatan laporan pertanggung jawaban tahap I dan II. Sedangkang untuk tahap III belum dilakukan pemotongan.

Walaupun sudah beberapa kali diajarkan membuat laporan oleh konsultan pendamping, ia mengakui tidak mengerti dalam hal membuat laporan pertanggungjawaban tersebut. Sehingga ia mengunakan jasa pihak lain dalam membuat laporan tersebut.

“Walaupun sudah beberapa kali diajarkan oleh pendamping, saya juga tidak bisa membuat laporan itu, jadi pemotongan itu untuk biaya laporan,” jelasnya.

Begitupun pemotongan Rp 110 ribu per rumah juga telah mendapat kesepakatan dari anggota kelompoknya. Uang tersebut digunakan untuk petugas yang turun kelapangan, baik anggota dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat maupun konsultan pendamping.

Baca juga:  Kejari Banda Aceh Eksekusi Terpidana Korupsi Damkar senilai Rp 17,5 M

Walaupun pemotongan itu tidak dibenarkan, tapi ia berkilah tidak ada sumber dana lain untuk diberikan kepada petugas dari dua instansi tersebut.

“Yang Rp 110 ribu itu untuk beli minum dan rokok orang kantor waktu kelapangan,” imbuhnya.

Sedangkan mark up harga dan jumlah barang yang dilaporkan oleh Razali AR kemarin, lanjutnya, hal itu adalah kekeliruan Razali sendiri. Katanya, melalui musyawarah di meunasah gampong setempat tadi, Razali sudah mengakui kekeliruannya.

“Kami sudah musyawarah tadi, terkait harga, itu harga pasaran, dan jumlah barang, itu kekeliruan saudara Razali sendiri,” jelasnya.

AJNN belum berhasil mengkonfirmasi Kepala BPBD Pidie Jaya, M Nasir terkait pemotongan untuk biaya pembuatan laporan tersebut.

Namun beberapa waktu lalu kepada AJNN, M Nasir pernah mengatakan, pemotongan dana hibah gempa tersebut hanya boleh dilakukan untuk keperluan administrasi.

“Untuk adm boleh, tapi maksimal Rp 500 ribu, itupun sudah ada untuk transportasi,” kata M Nasir saat dikonfirmasi terkait pungli yang dilakukan salah satu pokmas di Kecamatan Bandar Baru.

Baca juga:  MaTA: Dari 29 Anggota DPRA, 9 Terlibat Begal Dana Beasiswa 2017

Kepala BPBD Pidie Jaya, M Nasir ketika dikonfirmasi terkait adanya pemotongan di Kecamatan Bandar Baru beberapa waktu lalu menegaskan tidak boleh ada pemotongan dana bantuan, apalagi untuk bantuan rusak sedang.

“Pemotongan tidak boleh dilakukan, apalagi untuk bantuan rusak sedang dengan jumlah demikian, itu sangat tidak boleh dilakukan,” sesal M Nasir.

Menurutnya, pemotongan hanya boleh dilakukan untuk keperluan administrasi, tetapi jumlahnya tidak sebesar yang dilakukan oleh pengurus Pokmas di Kecamatan Bandar Baru tersebut.

“Untuk adm boleh, tapi maksimal Rp 500 ribu, itupun sudah ada untuk transportasi,” tegasnya.

Jika dilakukan pemotongan bantuan gempa oleh pengurus pokmas, lanjut M Nasir, penerima manfaat wajib meminta kwitansi pada pengurus pokmas. Namun ia meyakini, para pengurus pokmas tidak akan berani memberikan kwitansi pemotongan, karena dengan demikian pengurus pokmas langsung dihapakankan dengan hukum.

“Jika pengurus pokmas tidak berani meneken kwitansi pemotongan, pemotongan bantuan gempa itu dianggap ‘Pungli’,. Namun sebelum diproses hukum, saya berharap pengurus pokmas tersebut segera mengembalikan dana yang telah dipotong. Kalau tidak penegak hukum harus mengusut pungli tersebut,” imbaunya.

Ajnn.net

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.