GeRAK Aceh: Usut Tuntas Dugaan Pungli Bantuan Korban Gempa Pidie Jaya

Banda Aceh, Mercinews.com – Koordinator Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, Askhalani mendesak aparat hukum untuk mengusut tuntas dugaan pungutan liar (pungli) bantuan rehab rekon di Gampong Rhieng Krueng, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya.

“Aparat hukum harus segera turun tangan untuk mengusut dugaan pungli itu,” kata Askhalani kepada Ajnn, Rabu (2/1) malam.

Askhalani menjelaskan pemotongan sebesar Rp 2,9 juta untuk biaya pembuatan laporan jelas-jelas tidak dibolehkan, apalagi, Kepala BPBD Pidie Jaya secara tegas telah mengatakan pemotongan boleh dilakukan untuk biaya administrasi sebesar Rp 500 ribu.

Baca Juga:  Diduga Korupsi Beras untuk Warga Miskin, Pejabat Bulog Dibekuk

Baca: Uang Korban Gempa Pijay Dipotong Rp 2,9 Juta untuk Biaya Buat Laporan

“Uang itu diberikan untuk pembangunan rumah, tapi kenapa ada pemotongan untuk pembuatan laporan, ini jadi pintu masuk untuk aparat kepolisian untuk mengusut kasus ini sampai tuntas,” tegas advokat muda ini.

Baca Juga:  Masuk Daftar Tunggu, Bantuan Rumah Rusak Akibat Gempa Pidie Jaya Cair Tahun Ini

Ia menjelaskan jika merujuk pada UU no 31 tahun 1999 Jo UU 20 tahun 2002 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sesuai dengan pasal 2 ayat 2, pelaku atau para pihak yang diduga melakukan perbuatan melawan hukum “keadaan tertentu” adalah tindak pidana korupsi yang dilakukan pada saat terjadi bencana alam nasional.

“Pidie jaya adalah daerah status bencana alam nasional. Atas dasar tersebut, polisi atau institusi aparat penegak hukum harus melakukan penyidikan secara mendalam terhadap dugaan tindak pidana yang muncul,” ujarnya.

Baca Juga:  MaTA: Dari 29 Anggota DPRA, 9 Terlibat Begal Dana Beasiswa 2017

Askhal menambahkan jika ini dibiarkan maka akan memudahkan pelaku untuk berkilah atau melakukan manipulasi bahwa dugaan pungli itu tidak dilaksanakan.

“Aparat hukum harus bergerak cepat, kalau memang terbukti pungli bisa dikenakan hukuman mati,” ungkapnya.

  • 137
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved