Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Morotai Maluku 800 Warga Mengungsi

Warga Pulau Morotai mengungsi setelah gempa magnitudo 5,3. (Foto: dok. BNPB)

Jakarta, Mercinews.comGempa bumi magnitudo 5,3 yang mengguncang Pulau Morotai, Maluku, membuat ratusan warga mengungsi. Ratusan warga di dua kecamatan saat menetap sementara di tenda-tenda yang berdiri di tempat yang aman.

“Lebih 800 jiwa mengungsi yaitu di Kecamatan Morotai Timur kurang-lebih 500 jiwa mengungsi ke tempat yang aman dan lebih dari 300 jiwa di Kecamatan Morotai Utara. Pengungsi berada di tenda dan tempat yang ada,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Kamis (7/2/2019).

Baca juga:  BMKG Update Kekuatan Gempa Lombok Utara: 7 SR

Pusat gempa tersebut berada di laut, 37 kilometer dari Pulau Morotai. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu terjadi pukul 17.03 WIB dan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Baca juga:  Gempa 5,4 SR Terjadi Lagi di Mataram NTB

Kini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Morotai sedang melakukan pendataan dampak gempa. Warga diminta untuk tetap tenang.

“TRC BPBD Kabupaten Pulau Morotai masih melakukan pendataan dampak gempa di Kecamatan Morotai Timur dan Kecamatan Morotai Utara. TRC BPBD Kabupaten Pulau Morotai saat ini sedang memberikan arahan kepada masyarakat di Kecamatan Morotai Timur untuk tetap tenang dan tidak mempercayai info dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” papar Sutopo. (zak/dnu)

Baca juga:  Gempa Susulan di Lombok Terus Berlangsung, 3 Orang Tewas

detikcom

  • 44
    Shares

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved