Jubir Pancasila Aceh Gelar Talkshow dan Menulis Kreatif di Abdya

Blangpidie, Mercinews.com – Komunitas Bela Indonesia (KBI) Provinsi Aceh menggelar talkshow Pancasila dan lomba menulis kreatif media sosial bagi siswa dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu (10/2/2019)..

Acara yang bertemakan “Indonesia Rumah Kita Bersama” tersebut berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Abdya, dengan menghadirkan tiga narasumber utama, yakni Taufik Riswan (aktivis NGO/Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh), Azharul Husna (aktivis perempuan dan KontraS Aceh), dan Syah Bakri (Ketua Forum Rakyat Kota Meulaboh).

Koordinator KBI Aceh, Taufik Riswan dalam sambutannya menyampaikan, talkshow tersebut juga sebagai bentuk road show juru bicara Pancasila yang sudah dibekali beberapa waktu lalu. Tujuannya untuk melihat bagaimana respons kaum melinial seperti pemuda, mahasiswa dan pelajar terhadap Pancasila. Sekaligus mengajak mereka untuk terlibat aktif dan mengambil peran postif untuk menarasikan nilai-nilai positif Pancasila melalui media sosial.

Baca juga:  Dituding Tak Transparan, Kepala Baitul Mal Abdya: Kami Pegang Amanat Bupati

“Pancasila sebagai konsesnsus dan ideologi negara yang dipilih oleh para pendiri bangsa, kita berharap terus menjadi perekat keragaman multikultur, etnis, ras, agama, sosial budaya dan kepulauan nusantara,” ujar Taufik.

Baca juga:  BFLF Abdya serahkan kursi roda kepada penderita parkinson

KBI Aceh terbentuk dari proses pelatihan Juru Bicara Pancasila, di mana pesertanya diseleksi dan dianggap memiliki latar belakang pengalaman organisasi, penulis dan aktivis sosial yang peduli terhadap keindonesiaan, kemanusiaan dan menolak radikalisme, ekstremisme berkekerasan dan terorisme.

Komunitas Bela Indonesia ini kata Taufik, diinisiasi oleh Jenderal Polisi Tito Karnavian dan  Prof. Nasruddin Umar serta Dr. Denny Januari Ali dengan tujuan membangun partisipasi masyarakat menciptakan Indonesia aman, damai, sejahtera dan menjadi rumah kita bersama. Saat ini Komunitas Bela Indonesia sudah memiliki 1.000 Juru Bicara Pancasila yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga:  Wabup Abdya, melalui Hardikda ini kita perteguh tekat untuk generasi muda Aceh

“Tujuan kita ingin mengajak generasi milenial untuk mengambil bagian dan terlibat secara aktif di media sosial dalam menarasikan nilai-niali positif Pancasila dalam media sosial. Kalau selama ini mereka sering buat status-status yang remeh temeh, selanjutnya kita harapkan mereka bisa membuat status tentang keadilan, kesejahteraan dan nilai-nilai positif lainnya,” papar Taufik.[]

Editor : Ihan Nurdin

Sumber: acehtrend.com

  • 8
    Shares

Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Ikuti Facebook

Copyright © 2019 Mercinews.com. All Rights Reserved