Mercinews

Hukum

TNI Tangkap Mobil Pengangkut 10 Ton BBM Ilegal Asal Aceh Timur

20190226 b967a4bf 380c 4bcc 8404 9af291add8fd - TNI Tangkap Mobil Pengangkut 10 Ton BBM Ilegal Asal Aceh Timur
Personel TNI memperlihatkan barang bukti minyak ilegal yang diduga hendak diselundupkan ke Banda Aceh. Foto: Ist

Lhokseumawe,Mercinews.com – Tim gabungan Intelrem 011 Lilawangsa dan Sataf Kodim 0103 Aceh Utara menangkap satu unit truk Colt Diesel bernomor polisi BL 8610 DB, yang mengangkut 10 ton bahan bakar minyak (BBM) ilegal di Jalan Medan-Banda Aceh, kawasan Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Selasa (26/2)

Selain barang bukti 10 ton minyak olahan jenis bensin ilegal yang dimuat dalam 48 drum pada dini hari tersebut, pihaknya juga mengamankan sopir berinisial IW (40).

Baca juga:  TNI Bagi-Bagi Takjil Gratis Kepada Sejumlah Pengguna Jalan Raya di Banda Aceh

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Pasi Intel Dim Kapten Lisker Malau mengungkapkan, penangkapan dilakukan lantaran adanya mobil yang mencurigakan karena bau minyak yang sangat menyengat di jalan Medan-Banda Aceh tepatnya di kawasan Desa Blang Panyang.

“Ada dua anggota kami yang sedang melintas pulang dari Bathupat menuju Lhokseumawe karena naluri yang kuat dicek dan digeledahlah mobil tersebut. Setelah digeledah truk itu berisi minyak, saat diminta dokumen sopir tidak bisa memperlihat suratnya,” katanya kepada AJNN.

Baca juga:  Panser Tarantula Terguling di Ambon, 2 TNI Luka-luka

Lanjutnya, dari pengakuan sopir, minyak itu berasal dari Desa Rantau Panjang, Kecamatan Peurlak, Kabupaten Aceh Timur dan akan dibawa ke Banda Aceh.

“Setelah kami lakukan pemeriksaan dan pengecekan. Barang bukti beserta tersangka langsung dilimpahkan ke Satuan Reskrim Polres Lhokseumawe,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, tersangka terancam Pasal 53 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara.

Ajnn.net

loading...

Comments
To Top