Mercinews


Imigrasi Banda Aceh Sidak Pekerja Asing di Pabrik Semen Lhoknga

pekerja asing pabrik semen asal china - Imigrasi Banda Aceh Sidak Pekerja Asing di Pabrik Semen Lhoknga

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Banda Aceh, Sayid Zulkifli saat mewawancarai pekerja asing pabrik semen asal China, di mes mereka di Ajuen Jeumpet, Aceh Besar, Rabu (27/2/2019).

Foto: SERAMBINEWS/EDDY FITRIADY

Banda Aceh, Mercinews.com – Sejumlah petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di PT Solusi Bangun Andalas (SBA) yang berada di Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (27/2/2019).

Pabrik semen yang sebelumnya bernama Lafarge Cement Indonesia (LCI) itu sekarang mempekerjakan 16 tenaga kerja asing, dimana 15 orang asal China dan seorang dari Australia.

Amatan Serambinews.com, pemeriksaan itu berlangsung hampir tiga jam.

Baca juga:  Seorang Turis Jepang Penumpang Kapal Pesiar Dievakuasi ke Banda Aceh

Petugas imigrasi mengecek kelengkapan dokumen izin WNA, lokasi pekerjaan, hingga mewawancarai mereka satu per satu dibantu penerjemah dari perusahaan.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Banda Aceh, Sayid Zulkifli mengatakan, operasi pengawasan keimigrasian rutin itu dilaksanakan serentak, yang mana di Banda aceh dan Aceh Besar mengambil objek di pabrik semen.

“Kami mengecek dokumen para pekerja asing beserta visa dan izin tinggalnya. Hasilnya sejauh ini tidak ada masalah,” kata Sayid.

Baca juga:  PNA Banda Aceh Rehab Rumah Warga Kurang Mampu dan Kunjungi Warga yang Lumpuh

Sementara Power Plant Manager PT SBA, Firman Septriandi mengatakan, pihaknya terbuka dan siap memfasilitasi petugas untuk mengecek dokumen pekerja asing mereka.

“Setelah dicek tidak ada kekurangan,” ujarnya.

Menurut Firman, saat ini SBA hanya mempekerjakan 16 pekerja asing dari sebelumnya mencapai 51 orang.

“Ke-16 pekerja asing ini sudah lengkap izinnya, memiliki skill yang bisa bekerja ekstra,” pungkasnya.(

Sumber: Serambinews

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.