Mercinews

Ekonomi

5.773 warga di Aceh Barat sudah terima bantuan modal usaha Rp15 juta/KK

Kemal Pasya - 5.773 warga di Aceh Barat sudah terima bantuan modal usaha Rp15 juta/KK
Foto: (Antara Aceh/Kemal Pasya.

Meulaboh, Mercinews.com – Jumlah penerima bantuan modal usaha yang dikucurkan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat hingga awal Maret tahun 2019 mencapai 5.773 orang dengan besaran pinjaman berkisar antara Rp2 juta hingga Rp15 juta/kepala keluarga.

Data yang diperoleh Antara dari Pemkab Aceh Barat menyebutkan, sebanyak 255 dari 321 badan usaha milik gampong (BUMG) telah melakukan penyaluran pinjaman modal usaha kepada 5.773 orang penerima manfaat dari berbagai jenis usaha.

“Jumlah ini masih akan terus meningkat, seiring diperbaharuinya laporan progres realisasi usaha BUMG yang disampaikan oleh kecamatan dan pendamping desa kepada Pemkab melalui DPMG Aceh Barat,” kata Kemal Pasya, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Mukim dan Gampong DPMG Aceh Barat kepada Antara, Minggu (10/3) di Meulaboh.

Didampingi Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Barat, Amril Nuthihar, Kemal menambahkan informasi terakhir terhadap BUMG lainnya adalah, proses tahapan kegiatan pemberdayaan ekonomi masih dijalankan.

Baca juga:  Pelaku usaha kecil di Aceh Barat terima modal usaha Rp15 juta/KK

Hal tersebut ditandai dengan intensnya pelatihan teknis kepada penerima manfaat yang masih berjalan, dan keikutsertaan para camat dalam setiap acara penyerahan pinjaman modal usaha secara simbolis kepada masyarakat.

Kemal Pasha juga menjelaskan, dana desa tahap 1 dan tahap 2 pada tahun 2018 lalu lebih difokuskan oleh pemerintah gampong untuk menyelesaikan kegiatan yang bersifat fisik atau pembangunan.

Kemudian, pelaksanaan syiar Islam, kegiatan posyandu, PAUD, PKK, pendataan kependudukan, rehabilitasi rumah duafa, dan kegiatan lainnya.

Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan ekonomi produktif masyarakat melalui dana desa oleh BUMG rata-rata dilakukan mulai akhir tahun 2018.

Hal ini disebabkan karena sebagian besar gampong melaksanakan kegiatan tsb dengan menggunakan dana desa tahap Ke-3 tahun 2018, yang rata-rata ditransfer mulai akhir Oktober atau awal November 2018.

Baca juga:  Imigrasi Meulaboh bentuk tim pengawasan orang asing kecamatan

“Laporan terakhir pada akhir tahun 2018, lebih dari 90 persen dari 321 gampong telah menyalurkan Dana Desa kepada BUMG pada bulan Nov-Des 2018,” katanya.

Kemudian, barulah dilanjutkan dengan pelaksanaan tahapan kegiatan pemberdayaan ekonomi oleh BUMG, dimulai dari sosialisasi, pembukaan pendaftaran proposal, verifikasi proposal, penetapan calon penerima manfaat, penandatanganan Kkesepakatan, pelatihan teknis bagi penerima manfaat, dan penyaluran linjaman modal usaha kepada BUMG.

“Hingga Jumat, 1 Maret 2019 lalu, 255 dari 321 BUMG telah melakukan penyaluran pinjaman modal usaha kepada 5.773 orang penerima manfaat dari berbagai jenis usaha,” tambahnya.

Jumlah ini masih akan terus meningkat seiring diperbaharuinya laporan progres realisasi usaha BUMG yang disampaikan oleh kecamatan dan Pendamping Desa kepada Pemkab melalui DPMG Aceh Barat.

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
(ANTARA)

loading...

Comments
To Top