Mercinews

Gaya Hidup

Sebuah Akun Medsos Ancam Cut Mimi Ingin Edit Fotonya Telanjang

IMG 20190312 213158 - Sebuah Akun Medsos Ancam Cut Mimi Ingin Edit Fotonya Telanjang
Cut Mimi /[email protected]

Banda Aceh, Mercinews.com– Berawal dari postingan Cut Mimi di akun Instagram (IG) pribadinya @cutmimi13 yang memposting kritik terhadap perempuan Aceh lalu tak berselang lama terdapat sebuah akun IG mengancam ingin melakukan tindakan kekerasan dan mengancam mengedit foto telanjang Cut Mimi, Selasa (12/3/2019).

Saat dikonfirmasi melalui akun whatsapp milik akun IG yang mengancam Cut Mimi, gadis pelajar berinisial Farah alias Nafarah Zikra dengan akun IG @nafarahzikramu02 tetap tidak mengakui telah melakukan hate speech dan pencemaran nama baik serta ancaman kepada Cut Mimi.

WhatsApp Image 2019 03 12 at 12.24.42 - Sebuah Akun Medsos Ancam Cut Mimi Ingin Edit Fotonya Telanjang

Sebelumnya Cut Mimi via medsos menyampaikan bahwa dirinya mendapat ancaman dari akun IG @nafarahzikramu02 kepada Acehsatu.com.

Dirinya sendiri mengaku tidak mempersoalkan ancaman tersebut bila si pengancam mau meminta maaf dan menarik semua pernyataan maupun hate speech yang disasar untuk dirinya di medsos Instagram bahkan Snap WhatsApp sebagai bentuk perbuatan tidak menyenangkan.

Saat dikonfirmasi oleh media ini, Farah tetap tak ingin memenuhi tuntutan Cut Mimi untuk meminta maaf dan enggan menarik semua perkataaan hate speech yang dilakukannya.

Sampai berita ini dimuat, Farah tetap mengaku tidak melakukan tindakan ancaman kepada Cut Mimi, namun malah membela diri bahwa dirinya hanya ‘sekedar’ mengancam namun tidak melakukan.

Baca juga:  Viral Video Pengendara Motor Distop Polisi, Ternyata Bawa Jenazah Keluarga

Segala ancaman terus dilayangkan oleh Farah ke medsos akun IG Cut Mimi maupun menelepon video di WhatsApp sebagai reaksi ketidakinginan Farah mengakui telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan kepada Cut Mimi.

Yang pasti pernyataan Cut Mimi kepada ACEHSATU.com agar Farah segera melayangkan permintaan maaf tidak membuat surut dirinya untuk segera memproses tindakan melanggar hukum oleh seseorang kepada dirinya.

Dari keterangan Farah via WhatsApp kepada wartawan media ini, dirinya tetap menganggap perbuatannya tersebut tidak melawan hukum, bahkan chat WA terakhir Farah kepada Cut Mimi menyatakan:

“Kalau sMpai saya di buat malu saya bisa tuntut kalian”.

Perbuatan yang dilakukan seseorang terhadap orang lain untuk memprovokasi bahkan mengancam nyawa adalah suatu tindakan melawan hukum.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Kepolisian Negara Nomor SE/6/X/2015 Tahun 2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian (Hate Speech) dijelaskan bahwa ujaran kebencian dapat berupa tindak pidana yang diatur dalam KUHP dan ketentuan pidana lainnya di luar KUHP,

yang berbentuk: penghinaan; pencemaran nama baik; penistaan; perbuatan tidak menyenangkan; memprovokasi; menghasut; penyebaran berita bohong; dan semua tindakan di atas memiliki tujuan atau bisa berdampak pada tindak diskriminasi, kekerasan, penghilangan nyawa, dan/atau konflik sosial.

Baca juga:  Sedih! Baru Sebulan Menikah, Suami Lidya Dinikahkan Lagi dengan Wanita Lain Oleh Ibu Kandungnya

Selain perkara hate speech, seseorang yang menggunakan medsos untuk mengancam orang lain juga dapat terjerat Pasal 29 UU ITE.

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

Kemudian dalam Pasal 45B UU 19/2016 termaktub bahwa;

Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

Dalam Penjelasan Pasal 45B UU 19/2016, dijelaskan bahwa Ketentuan dalam Pasal ini termasuk juga di dalamnya perundangan di dunia siber (cyber bullying) yang mengandung unsur ancaman kekerasan atau menakut-nakuti dan mengakibatkan kekerasan fisik, psikis, dan/atau kerugian materiil.

 

Sumber: ACEHSATU.com

loading...

Comments
To Top