Mercinews


Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tidak Bisa Diakses, Ini Penyebabnya

Logopit 1532078231527 768x432 - Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tidak Bisa Diakses, Ini Penyebabnya

Jakarta, Mercinews.com – Jejaring sosial Facebook (FB), Instagram (IG), dan WhatsApp (WA) tengah mengalami gangguan secara global. Pengguna saat ini di ketahui tidak bisa berkomunikasi melalui ketiga jejaring sosial tersebut.

Kendala yang dialami seperti mengirim pesan di Wa, baik foto maupun teks. Serta gangguan saat memposting foto di IG dan FB. Dilansir Kompas.com, gangguan tersebut terjadi sejak Kamis (14/3/2019) dini hari hari waktu Indonesia atau pukul 1 siang di waktu AS.

Hingga berita ini diturunkan FB, WA, dan IG masih mengalami gangguan pada pukul 10:01 WIB. Twitter dan Facebook belum menjelaskan penyebab gangguan, namun sudah mengonfimasi bahwa gangguan disebabkan oleh serangan DDoS.

Baca juga:  Hukum Mati LGBT, Instagram Brunei Tourism Diserang

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook,” tulis Facebook di akun resminya.

Facebook juga mengatakan, pihaknya akan segera mengatasi masalah ini. “Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS,” pungkasnya.

Baca juga:  Selidiki Kebocoran Data, Facebook Cekal 200 Aplikasi

Akun Instagram pun menuliskan adanya masalah tersebut. Halaman Down Detector mengatakan gangguan ini dimulai dari wilayah Amerika Serikat dan merambah ke Eropa dan Australia. DownDetector juga mengatakan wilayah Brazil adalah yang terparah mengalami gangguan.

Kondisi ini menjadi trending topic di Twitter sejak pagi Kamis (14/3/2019) ini, dengan tagar #facebookdown #instagramdown. Gangguan seperti ini juga pernah terjadi pada tahun 2017 lalu. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: KompasTekno

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.