Mercinews

Internasional

PM New Zealand Kecam Senator Australia yang Salahkan Muslim: Memalukan!

b690db8d d2b1 4e35 a8ac 6cadb7abcd37 169 - PM New Zealand Kecam Senator Australia yang Salahkan Muslim: Memalukan!
PM New Zealand Jacinda Ardern (Foto: Photo by Marty MELVILLE/OFFICE OF PRIME MINITER NEW ZEALAND/AFP)

Wellington, Mercinews.com – Perdana Menteri (PM) New Zealand (Selandia Baru), Jacinda Ardern, mengecam pernyataan senator Australia Fraser Anning yang menyalahkan imigran Muslim atas teror di Christchurch. Menurut Ardern, komentar tersebut memalukan.

Dilansir dari 9 News Australia, Minggu (17/3/2019), hal tersebut disampaikan Ardern dalam pernyataan pers keduanya ke media sejak teror terjadi pada Jumat (15/3) lalu. Seorang wartawan bertanya tentang komentar Fraser Anning dan Ardern lalu menjawab singkat.

“Memalukan,” jawab Ardern. Dia lalu beralih ke pertanyaan berikutnya.

Senator kontroversial Australia, Fraser Anning, menuai kecaman atas komentarnya mengenai aksi teror di dua masjid di New Zealand yang menewaskan 49 orang. Dia menyebut penembakan massal itu menyoroti ketakutan yang bertambah atas meningkatnya keberadaan muslim.

Baca juga:  Ucapkan Belasungkawa, Prabowo Sebut Penembakan di New Zealand Aksi Biadab

Tak lama setelah pembantaian di dua masjid di kota Christchurch, Anning yang mewakili negara bagian Queensland di Senat Australia itu, berkomentar lewat serangkaian cuitan di Twitter. “Apakah ada yang masih membantah hubungan antara imigrasi Muslim dan kekerasan?” demikian salah satu cuitannya.

“Penyebab pertumpahan darah sesungguhnya di jalanan Selandia Baru hari ini adalah program imigrasi yang memungkinkan kaum Muslim fanatik untuk bermigrasi ke Selandia Baru,” tulisnya seperti dilansir media Telegraph, Jumat (15/3/2019).

Baca juga:  Korban Tewas Aksi Teror di Masjid New Zealand Selandia Baru Jadi 49 Orang

“Penembakan hari ini di Christchurch menyoroti ketakutan yang berkembang dalam komunitas kita baik di Australia maupun Selandia baru atas meningkatnya keberadaan Muslim,” tulisnya dalam cuitan lain.

Sebuah petisi mengenai seruan pencopotan Anning dari parlemen juga dibuat di situs change.org. Hingga saat ini hampir satu juta orang menandatangani petisi berjudul ‘Remove Fraser Anning from parliament’ itu.

Sebelumnya, sebanyak 50 orang tewas dalam insiden teror di dua masjid di Christchurh, New Zealand. Satu di antara korban tewas merupakan seorang warga negara Indonesia. Salah satu pelaku, Brenton Tarrant, mulai diadili.

loading...

Comments
To Top