Mercinews


Sambut Hut Aceh Tamiang ke-17, Dekranasda Gelar Rapat Persiapan expo 2019

1553058220405 - Sambut Hut Aceh Tamiang ke-17, Dekranasda Gelar Rapat Persiapan expo 2019
Sambut Hut Aceh Tamiang ke-17, Dekranasda Gelar Rapat Persiapan expo 2019 ( Mercinews/ Humas Pemerintah Aceh Tamiang)

Aceh Tamiang, Mercinews.com  – Humas: Selasa (19/03/19) Rapat Persiapan Dekranasda yang di gelar di Gedung Dekranasda Aceh Tamiang yang dimulai pada pukul 10.30 wib. Dipimpin oleh Ketua Dekranas Rita Syntia, ST, MM, rapat diikuti para pengurus Dekranasda Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketua Dekranasda mengatakan ini merupakan rapat perdana di Kepengurusan yang baru berdasarkan SK Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Tamiang, Nomor 02/A/Dekra Kab.Atam/III/2019, tanggal 11 Maret 2019.

Beliau berharap dengan kepengurusan yang baru ini, semua jajaran pengurus Dekranasda dapat aktif khususnya kepada para pengurus ex officio supaya dapat bersinergi sesuai tupoksi pada instansinya.

Baca juga:  Pemerintah Aceh Sambut Baik Peresmian Desa Sadar Hukum di Aceh Tamiang 

Hal ini, sebutnya untuk mendukung dan memajukan karya seni, kearifan lokal dan meningkatkan ekonomi kreatif berbasis UMKM. Rita mengungkapkan, kontribusi kinerja para pengurus untuk memajukan dekranas dan hal tersebut di atas sangat diperlukan.

Rita juga menjelaskan, adapun rencana dekranasda kedepan, mengupayakan hak paten untuk motif-motif pada kain songket yang dihasilkan para pengrajin di Kabupaten Aceh Tamiang. Dikatakannya, sekurangnya sebanyak 16 motif akan dipatenkan.

Rita menambahkan, dekranasda akan mendorong lahirnya pengrajin kain songket tenun khas Aceh Tamiang. Ia menegaskan, sebagai bentuk satu kebudayaan dan kearifan lokal, pengrajin idealnya tidak hanya warisan yang diteruskan turun-temurun kepada keluarga, namun harus dikembangkan secara luas kepada masyarakat, khususnya generasi muda yang meminati kesenian ini.

Baca juga:  LBH Banda Aceh: Hentikan Kriminalisasi Terhadap Warga Aceh Tamiang

Perihal Expo HUT Aceh Tamiang ke 17, Sekretaris Dekranasda Aceh Tamiang menyampaikan, produk-produk yang ditampilkan di Expo nantinya adalah produk-produk unggulan dan mencerminkan seluruh kerajinan yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Adapun beberapa barang yang akan ditampilkan yaitu tenun songket, kasap, batik motif Tamiang, ukiran dan makanan khas Tamiang yang seluruhnya hasil pengrajin Tamiang. [ck]

loading...

Comments