Mercinews


Turki Kecam Pernyataan Netanyahu Soal Tepi Barat

IMG 20190407 233137 - Turki Kecam Pernyataan Netanyahu Soal Tepi Barat
Turki melemparkan kecaman keras atas pernyataan yang dilontarkan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengenai Tepi Barat, Palestina. Foto/Istimewa

Ankara, Mercinews.comTurki melemparkan kecaman keras atas pernyataan yang dilontarkan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengenai Tepi Barat, Palestina. Netanyahu bersumpah untuk sepenuhnya mencaplok Tepi Barat, jika ia memenangkan pemilihan umum Israel.

“Tepi Barat adalah wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel yang melanggar hukum internasional. Pernyataan Netanyahu yang tidak bertanggung jawab untuk mencari suara sebelum pemilihan umum Israel tidak dapat dan tidak akan mengubah fakta ini,” kata Menteri Luar Negeri Israel, Mevlut Cavusoglu, seperti dilansir Daily Sabah pada Minggu (7/4/2019).

Baca juga:  Kemenangan Erdogan Peluang Perkuat Diplomasi RI, Khususnya Palestina

Kecaman juga disampaikan oleh juru bicara pemerintah Turki, Ibrahim Kalin, di mana dia mengatakan sekali lagi Netanyahu menggunakan politik untuk membenarkan pendudukan dan merusak upaya damai.

“Contoh lain bagaimana Netanyahu menggunakan politik pemilu untuk membenarkan pendudukan dan merusak solusi dua negara. Jika dia terpilih kembali, apakah ini akan menjadi kemenangan ‘demokrasi’ atau pendudukan? Akankah demokrasi barat bereaksi atau akankah mereka terus memenuhi tuntutan? memalukan,” ungkap Kalin.

Baca juga:  Bentrokan dengan Israel 37 Warga Palestina Meninggal Dunia dan 450 orang luka

Seperti diketahui, sebelumnya Netanyahu mengatakan akan memberlakukan kedaulatan atas permukiman di Yudea dan Samaria di Tepi Barat, jika dia menang dalam pemilihan umum pekan depan.

Netanyahu, pemimpin partai sayap kanan Likud, mengatakan pemerintahannya berikutnya tidak akan memisahkan antara blok permukiman besar Israel dan pos-pos kecil di Tepi Barat. “Bahkan tidak ada satu pemukiman pun yang akan dievakuasi dan wilayah lembah Jordan akan tetap berada di tangan kita,” ungkapnya.
(esn)

 

Sumber: Sindonews/ Daily Sabah

loading...

Comments