Mercinews


Inggris Peringatkan Bahaya Konflik AS dan Iran

jeremy hunt - Inggris Peringatkan Bahaya Konflik AS dan Iran
Menteri Luasr Negeri Inggris Jeremy Hunt. (Foto:

Brussels, Mercinews.com – Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt memperingatkan tentang risiko konflik yang tidak disengaja antara Amerika Serikat (AS) dan Iran atas kesepakatan nuklir 2015. Kesepakatan itu diujung tanduk setelah Teheran memutuskan menangguhkan sebagian dari kesepakatan tersebut.

“Kami sangat khawatir tentang risiko konflik yang terjadi secara tidak sengaja dengan eskalasi yang tidak disengaja. Penting untuk tidak menempatkan Iran kembali di jalur re-nuklirisasi,” ucap Hunt, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (14/5).

Baca juga:  Inggris Buka Pendaftaran Beasiswa Chevening untuk Pelajar RI

Sementara itu, sebelumnya Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE), Federica Mogherini menegaskan bahwa UE sepenuhnya mendukung kesepakatan nuklir Iran. Dia kemudian berharap semua pihak, khususnya pihak-pihak yang bertikai untuk menghindari eskalasi lebih lanjut atas masalah ini.

Berbicara jelang melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Jerman dan Inggris, Mogherini mengatakan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan kesepakatan tersebut.

Baca juga:  Inggris Sebut Rusia Ancaman untuk Dunia

“Kami akan terus mendukungnya, sebanyak yang kami bisa dengan semua instrumen kami dan semua keinginan politik kami,” kata Mogherini.

Sementara itu, ketika ditanya mengenai kemungkinan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo yang akan melakukan kunjungan ke Brussel hari ini. Mogherini mengatakan pihaknya masih mencoba mengatur pertemuan tersebut.

Sumber: Sindonews

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.